IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN DAN PEMBELIAN PROPERTI KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERBASIS MOBILE ANDROID (STUDI KASUS: PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. UNIT CONSUMER LOAN BUSINESS CENTER YOGYAKARTA)

Authors

  • Afif Hikmatur Rahman S
  • Dina Andayati
  • Suraya -

Keywords:

Unfied Modeling Language, mobile android, KPR, MySQL

Abstract

Penjualan dan pembelian merupakan pertemuan kontak secara langsung maupun tidak langsung antara penjual dan pembeli dengan adanya campur tangan dari pihak lain dengan melalui perantara ataupun tanpa perantara. Perkembangan jaman sekarang yang semakin pesatnya suatu teknlogi memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi melalui internet secara online dengan tersedianya suatu aplikasi yang diterapkan pada sistem tanpa harus bertemu. Dengan terciptanya penerapan tersebut maka keefisienan waktu dan biaya dapat mempersingkat dan mempermudah penjual dan pembeli secara tidak langsung. Pada penerapan penjualan dan pembelian terutama pada sektor properti saat ini sangat dibutuhkan. Dengan sistem penjualan dan pembelian kali ini diharapkan mampu memberikan manfaat lebih terhadap penjual maupun pembeli serta memberikan keuntungan bagi Bank Mandiri. Sehingga dengan adanya sistem penjualan dan pembelian properti terhadap rumah yang akan di KPR kan dapat memberikan akses kemudahan untuk mengakses lewat jarak jauh tanpa harus bertemu.

Aplikasi penjualan dan pembelian dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan java pada android studio, database yang digunakan dalam aplikasi ini adalah MySQL dan perancangan program dibuat menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi penjualan dan pembelian properti merupakan suatu implementasi system penjualan dan pembelian property KPR di Bank Mandiri yang diterapkan pada aplikasi mobile android dan aplikasi web.

Pada penjual mengisi form agunan terhadap property yang akan dijual, sedangkan pada pembeli yang akan mengajukan permohonan KPR mengisi form permohonan KPR sesuai data yang ada pada formulir permohonan KPR. Pada admin mengelola setiap data list KPR, list agunan, list nasabah, maupun data bunga pada dashboard admin.

References

Ardhana, K. (2013). PHP Menyelesaikan Website 30 Juta. Jasakom.
Bharati, J. A. (2010). Advancement in Mobile Communicationusing Android, International Journal of Computer Applications,vol.1, no.7,pp:95-98.
Fowler, M. (2004). UML Distiled 3th Ed. Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. Andi Offset.
Gatot, N. (2014). Sistem Informasi Penjualan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Di Perumahan Villa Krista Semarang. Universitas Dian Nuswantoro.
Habibi, W. (2011). Pembangunan Sistem Pelacakan Dan Penelusuran Device Mobile Berbasis Global Positioning Sistem GPS Pada Platform Mobile Google Android. ITS.
Hanjaya, H. (2014). Aplikasi Sistem Informasi Real Estate PT. Greenhouse Berbasis ASP.NET. Universitas Kristen Maranatha.
http://developer.android.com. (2017, juli 22).
http://www.bankmandiri.co.id. (2017, juli 8).
Ibrahim, J. (2004). Mengupas Tuntas (Kredit Komersial dan Konsumtif dalam Perjanjian Kredit Bank). Bandung: Mandar Maju.
Mazharuddin, A. (2011). Pembangunan Sistem Pelacakan Dan Penelusuran Device Mobile Berbasis Global Positioning Sistem (GPS) Pada Platform Mobile Google.
Meiler, R. (2009). Profesional Android Application Development. Canada: Wiley.
Nazaruddin, H. S. (2011). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone. Bandung.
Prasetyo, D. D. (2007). 150 Rahasia Pemrograman Java. Jakarta: Elex Media Komputindo .
Riyanto. (2010). Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile. Yogyakarta: Gava Media.
Syaputra, H. F. (2015). Sistem Informasi Pembelian Rumah Kredit Berbasis Web. STMIK Nusa Mandiri.
Utomo, P. ( 2013). Mobile Web Programming HTML5, CSS3, jQuery Mobile. . Yogyakarta: Andi Offset.
www.android.com/. (2017, Juli 22).

Downloads

Published

2018-01-10