IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN DAN PEMBELIAN PROPERTI KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERBASIS MOBILE ANDROID (STUDI KASUS: PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. UNIT CONSUMER LOAN BUSINESS CENTER YOGYAKARTA)

Authors

  • Dhea Saintysta Brilliani
  • Amir Hamzah
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Bullwhip effect, order dan demand, Information Sharing System

Abstract

Bullwhip effect merupakan nilai indikasi pada Supply Chain Management(SCM) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan yang berlebihan terhadap persediaan produk di gudang retailer. Bullwhip Effect diformulasikan dalam BEi (bullwhip effect index) dengan data order dan demand yang dihitung dalam suatu periode (N). Nilai BEi yang dihasilkan akan dibandingkan dengan index 1, apabila nilai BEi>1 dinyatakan bullwhip effect.  Semakin tinggi nilai BEi, maka semakin besar pula kerugian yang dialami retailer.

Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah data pembelian dan penjualan produk yang dilakukan oleh salesselama tahun 2015 dan 2016 yang diperoleh dari PT Madubaru selaku distributor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan wawancara. Metode analisis sistem yang digunakan yaitu prototyping, sehingga sistem bersifat multi-purpose untuk kasus bullwhip effect pada SCM di perusahaan lainnya. Information sharing system ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, database MYSQL, web server Apache, text editor Notepad++.

Information sharing system ini dibangun berbasis website. Sistem berbasis website ini mengolah data order dan demand yang dilakukan oleh retailer yang menerapkan sistem beli putus yaitu sales. Sistem ini mampu mencetak data order dan demand serta memperlihatkan nilai bullwhip effect dalam suatu periode agar sales tidak mengalami kerugian karena tindakan penumpukan barang yang dilakukannya sendiri.

References

Arief, M. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Hsu, S. C. (2016). Modelling the Bullwhip Effect under the Implementation of Supply Chain Management Software. International Journal of Management and Applied Research, Vol. 3, No. 3.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Kodong, F. R., Juwairiah, & Simanjuntak, O. S. (2015). MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA E-COMMERCE INDUSTRI MAKANAN RINGAN KWT AN-NABA YOGYAKARTA. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), (Vol. 1, No. 1).
Kumar, M. (2016). Reducing Bullwhip effect of Supply Chain by applying Multi-agent having Fuzzy thinking. Manoj Kumar et al. International Journal of Recent Research Aspects ISSN: 2349-7688, Vol 3, Issue 1, pp. 109-115.
Prasetyo, A. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ELECTRONIC SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA LOGISTIK FARMASI BERBASIS WEB. MULTITEK, 6(2), 123-128.
Saputra, A. (2013). Membangun Aplikasi Toko Online dengan PHP dan SQL Server. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Trifidya, L., Sarwosri, & Suryani, E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Distribusi Daging Sapi Nasional. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A817-A821.
Wirasta, W., & Aqmarina, N. (2015, 01 08). Journals. Retrieved 02 26, 2017, from E-JOURNAL POLITEKNIK KOMPUTER NIAGA & STMIK LPKIA: http://e-journal.lpkia.ac.id/files/students/essays/journals/346.pdf

Downloads

Published

2018-01-10