PERANCANGAN ALARM BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN SARANA E-MAIL DAN TELEGRAM DI PT. BROADBAND INDONESIA PRATAMA YOGYAKARTA

Authors

  • Siswanto -
  • Suwanto Raharjo
  • Amir Hamzah

Keywords:

Alarm, Base Transceiver Station, , E-Mail, Telegram

Abstract

  1. Broadband Indonesia Pratama memiliki banyak Base Transceiver Station (BTS) tower, dalam pengoperasinya BTS tower saling terhubung dengan BTS tower lainnya dalam sebuah lingkup jaringan internet khusus. Jaringan tersebut hanya dapat diakses oleh pihak internal. Pada praktisnya setiap BTS tower terhubung dengan listrik dan UPS, tetapi secara teknis selalu ada faktor yang menjadi penyebab adanya gangguan pada BTS tower seperti pada saat listrik padam dan monitoring host user. Hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan Perancangan Alarm Base Transceiver Station (BTS) dengan sarana E-mail dan Telegram. Perancangan alarm berfungsi untuk meminimalisir adanya gangguan pada BTS tower.

Pada penelitian ini bertujuan untuk memudahkan teknisi dalam mendapatkan informasi lebih cepat apabila terjadi gangguan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisien dan efektivitas dalam melakukan penanganan adanya ganggungan pada BTS tower. Dari ke dua sarana pada alarm dilakukan perbandingan untuk menentukan sarana mana yang lebih efektif dan efisien. Dari kedua sarana tersebut didapatkan hasil perbanding dari proses pengiriman informasi ketika adanya gangguan pada BTS tower secara realtime dengan berdasarkan parameter yang menjadi acuan dalam sistem Netwatch pada Mikrotik yaitu interval dan timeout. Selisih proses waktu yang dihasilkan dari ke dua sarana saat informasi masuk ketika terjadi adanya gangguan yaitu 5ms. Sarana yang lebih efektif dan efisien untuk melakukan penanganan adanya gangguan pada BTS tower adalah Telegram

References

Mulyani, E. D. S., & Andika, A. (2014). Sistem Pengamanan Rumah dan Pengendali Lampu Memanfaatkan Fasilitas SMS Berbasis Mikrokontroler Atmega16. Sisfoteknika, 4(2).
Prasetyono, F. A. (2016). Perancangan Sistem Peringatan Luapan Air Dengan Mikrokontroler Berbasis SMS. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1).
Suraya, M. A. N., & Novianta, M. A. (2015). Perancangan Sistem Pergeseran Tanah Menggunakan Sensor Draw Wire Berbasis Mikrokontroler Dengan Informasi SMS Gateway. Prosiding Senatek Fakultas Teknik UMP.
Suraya, S., & Novianta, A. (2016). Sistem Informasi Data Base Multi-Node Pemantauan Pergeseran Tanah Berbasis SMS Gateway dan Berorientasi Visual pada Komputer. Jurnal Informatika, 10(1).
Setiawan, A. H., Froleen, F., & Toto, E. S. (2007). Analisis Dan Perancangan Sistem Peringatan Kerusakan Perangkat Jaringan Base Transceiver Station PT. Indosat. TBK Berbasis Sistem Informasi Geografi Untuk Wilayah Jakarta (Doctoral dissertation, BINUS).
Utomo, B. T. W., & Saputra, D. S. (2016). Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS (Short Message Service) Dan Alarm Berbasis Arduino. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), 56-68.

Downloads

Published

2018-01-10