INFORMATION SHARING SYSTEM UNTUK MENGURANGI BULLWHIP EFFECT DALAM PENYALURAN BARANG KE SUPERMARKET BAGIAN PENJUALAN KREDIT DI PT. MADU BARU

Authors

  • Elfrid Ticker Th
  • Suraya -
  • Erma Susanti

Keywords:

bullwhip effect, supply chain management, PHP

Abstract

INTISARI

Bullwhip effect adalah suatu kejadian terjadi ketika retailer memesan dengan jumlah yang banyak serta dalam penjualan yang tidak stabil yang menyebabkan distorsi informasi dan menimbulkan bullwhip effect. Distorsi informasi menjadi salah satu penyebab kendala dalam supply chain yang efisien. Distorsi informasi adalah perubahan informasi. Informasi permintaan konsumen terhadap produk retalif stabil dari waktu ke waktu. Penerapan Supply chain management (SCM) di dalam information sharing system adalah suatu kegiatan yang melibatkan semua kegiatan baik distributor maupun retailer yang melibatkan suatu kontrol dalam penyaluran barang, penyetokan barang supaya tidak merugikan distributor dan retailer. Bahan yang digunakan dalam pebuatan information sharing system SCM adalah data berupa pemesanan dan penjualan yang diterima dalam PT.Madubaru. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi dan wawancara yang terlibat. Metode analisa sistem yang digunakan adalah pemodelan prototyping. Information sharing system SCM dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP, HTML, CSS, Java Script, database MYSQL, web server Apache, text editor Sublime Text 3. Information sharing system SCM dibangun dengan 2 aktor yaitu distributor dan retailer kredit atau konsinyasi. Masing-masing dari aktor mempunyai hak akses masing-masing. Dengan adanya information sharing system SCM, distorsi informasi dapat diminimalisir dengan adanya data-data pemesanan dan penjualan yang dilakukan retailer dan distributor dapat mengontrol order yang dilakukan retailer.

References

Bunafit, N. (2013). Dasar Pemrograman Web PHP-Mysql dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.
Hsu, S. C. (2016). Modelling the Bullwhip Effect under the Implementation of Supply Chain Management Software. International Journal of Management and Applied Research, 3(3), 99-108.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta: ANDI OFFESET.
Pujianto. (2012). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUKU DENGAN KONSINYASI BERBASIS CLIENT/SERVER. Jurnal informatika, 12(2), 118-127.
Remus, J. (2015). Technology Resource Inventory System. Retrieved 08 11, 2017, from Sourcecodester: https://www.sourcecodester.com/php/9116/technology-resource-inventory-system-tris.html.
Trifidya, L., Sarwosri, & Suryani, E. (2016). Rancangan Bangun Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Distribusi Daging Sapi Nasional. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A817-A821.

Downloads

Published

2018-01-10