SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN CALON NASABAH PERKREDITAN USAHA MICRO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDY KASUS PADA BANK PUNDI TBK

Authors

  • Ardiansyah -
  • Uning Lestari
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Bank Pundi, SAW, Kredit

Abstract

  1. Bank Pundi Indonesia, Tbk. ("Perseroan") berdiri pada tanggal 11 September 1992 dengan nama PT. Executive International Bank. saat ini kredit melalui Bank sudah berkembang dengan sangat pesat. Kredit bukan hanya digunakan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah saja melainkan oleh semua lapisan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. kredit dapat berbentuk barang atau berbentuk uang. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan sebuah aplikasi SPKyang dapat digunakan untuk memberikan saran pada pegawai bank pundi untuk para nasabah yang pantas mendapatkan perkreditan dan menghemat watu pegawai untuk dalam pekerjaan.

            permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah aplikasi yang dibuat dapat membantu memberikan saran pada pegawai bank pundi untuk siapa yang pantas mendapatkan kredit yang terlebih dahulu. Cara menyelsaikan masalah dapat menghitung kriteria, sub-kriteria, dan bobot dengan benar dengan menggunakan metode simple additive weighting.

            Aplikasi SPK ini dapat memberi solusi kepada pegawai bank pundi tentang siapa yang dapat dan ditolak untuk kredit usaha micro pada bank pundi berdasarkan kriteria dan sub-kriteria yang ada

References

Jayanti, E. (2015). Metode Simple Additive Weighting Dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karywan (Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara III Medan). Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IX, Nomor: 3, April 2015 .
Kurniawan, R. C., & Kardianawati, A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Kredit Usaha Rakya PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Kaliangkrik Magelang. Citec Journal, Vol. 2, No. 1, November 2014 – Januari 2015 .
Sri, K., Sri, H., Agus, H., & Retantyo, W. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). In Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM) (pp. 74-75). GRAHA ILMU.
Targiono, M. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Sebagai Acuan Penerima Bantuan Dana Pemerintah (Studi Kasus: Pemerintah Desa Tamanmartani,Sleman). Yogyakarta

Downloads

Published

2017-07-10