SISTEM RESERVASI HOTEL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN API UNTUK INTERKONEKSI DENGAN SISTEM RESERVASI PIHAK KETIGA

Authors

  • Hari Rachmadi
  • Amir Hamzah
  • Suwanto Raharjo

Keywords:

reservasi, API, interkoneksi

Abstract

Untuk memesan kamar hotel dengan mudah dan cepat, diperlukan sistem reservasi yang ringan dengan antarmuka yang nyaman dan mudah untuk digunakan. Aplikasi reservasi pihak ketiga sekarang ini banyak tersedia  dan masing-masing memiliki harga yang bervariasi. Mayoritas pengguna pasti menginginkan harga paling murah. Jika hotel memiliki sistem reservasi sendiri, pengguna dapat mengetahui harga asli dari hotel tersebut. Selain itu, sistem harus mampu berkolaborasi dengan sistem pihak ketiga untuk memperluas jangkauan.

Sistem reservasi ini akan dibuat menggunakan framework codeigniter yang ringan dan cepat. Konfirmasi pembayaran pada sistem ini menggunakan verifikasi kode unik. Waktu pembayaran pun dibatasi, untuk mengantisipasi antrian pesanan yang tidak serius. Selain itu, sebuah sistem bank juga dibuat untuk melakukan proses pembayaran. Sistem tersebut akan meng-export data dalam format CSV. File CSV tersebut nantinya akan di-import oleh sistem reservasi utama. Jika data pembayaran tersebut sesuai dengan yang tersimpan dalam database pemesanan, maka sistem akan melakukan verifikasi secara otomatis. Dengan menggunakan API, sistem dapat berinteraksi dengan sistem lain untuk mengoptimalkan potensi sistem. Contoh penerapan dilakukan dengan simulasi menggunakan sistem pihak ketiga yang akan mengakses endpoint yang telah ditentukan pada sistem utama.

Setelah dilakukan pengujian pada semua fitur dengan mengakses seluruh menu dan melakukan registrasi maupun login, semua menu dan validasi dapat berjalan tanpa kendala. Kemudian setelah dicoba untuk melakukan pemesanan dan pembayaran, sistem juga dapat mengelola data tersebut dengan tepat. Jika pembayaran tidak segera dilakukan dalam waktu yang ditentukan, maka sistem secara otomatis akan menghapus pesanan tersebut dari database. Secara keseluruhan, sistem telah berhasil mengelola transaksi pemesanan kamar dengan cepat dan tepat. Sistem juga telah berhasil menerapkan API dan melakukan interkoneksi dengan sistem reservasi pihak ketiga dengan lancar.

References

Amin, M. M. (2010). Pengembangan Aplikasi Web Menggunakan PHP Data Objects (PDO). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Dzayin, C. (2015). Membangun Aplikasi Shop Online dengan Codeigniter untuk Pemula. Yogyakarta: Andi.
Firdaus, R. M. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Hotel Di Wilayah Jember Dengan Menggunakan Google Maps Api. Jember.
Frans, G. P. (2008). Tip Trik Menggunakan Browser Opera. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Frengki, N.D (2008). Membuat Web Server dan Virtual Host di Ubuntu 9.10. Yogyakarta : Elex Media Komputindo.
Husni. (2007). Pemrograman Database Berbasis Web. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Khafidli, M. F. (2011). Trik Menguasai HTML5, CSS3, PHP Aplikatif. Yogyakarta: Lokomedia.
Kustiyahningsih, Y., & Anamisa, D. R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasasis Web menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Peranginangin, K. (2006). Aplikasi WEB dengan PHP dan Mysql. Yogyakarta: Andi.
Saputra, N. A. (2016). Perbandingan Metode Pertukaran Data Json Dan Xml Dalam Aplikasi Ensiklopedia Ikan Predator Air Tawar Indonesia Berbasis Android. Yogyakarta.
Sidharta, L. (1996). Internet Informasi Bebas Hambatan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sidik, B., & Pohan, H. I. (2007). Pemrograman Web dengan HTML. Bandung: Informatika Bandung.
Simamarta, J. (2006). Aplikasi Mobile Commerce. Yogyakarta: Andi.
Wibowo, B. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Sewa Kamar Hotel Berbasis Web (Studi Kasus Hotel Mandarin Pekalongan).
Simamarta, J. (2006). Aplikasi Mobile Commerce. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2017-07-10