SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KARTU CERDAS JENJANG PENDIDIKAN SMP PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

Authors

  • Rian Bika Z
  • Muhammad Sholeh
  • Uning Lestari

Keywords:

Pendidikan, Bantuan Kartu Cerdas, Dikpora, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Weighted Product, UML.

Abstract

Kebijakan pembangunan pendidikan salah satu upayanya adalah peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas melalui peningkatan pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan pemberian akses yang lebih besar kepada kelompok masyarakat yang selama ini kurang dapat menjangkau layanan pendidikan, seperti msyarakat miskin, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, ataupun masyarakat penyandang cacat.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta,melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan beasiswa bagi peserta didik miskin dalam bentuk Kartu Cerdas untuk memenuhi kebutuhan pribadi siswa jenjang Pendidikan Dasar. Dengan pemberian beasiswa kartu cerdas diharapkan dapat memberikan stimulus/rangsangan daya dukung biaya operasional, fasilitas serta keperluan sekolah peserta didik, sehingga dapat meningkatkan belajar dan akademiknya.

Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kartu Cerdas Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah MySQL, untuk perancangan program dibuat dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk mendukung pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah metode weighted product.

Penilaian SPK Kartu Cerdasdilakukan pada Kabupaten Bantul. Pada Kabupaten Bantul total terdapat 111 SMP Negeri / Swasta. Pada penelitian ini penulis menggunakan 7 Sekolah Menengah Pertama dengan 60 siswa untuk pengujian, hasil penilaian yang dilakukan oleh aplikasi ini ialah berupa status “Memenuhi Kriteria” untuk mendapatkan bantuan berupa Kartu Cerdas. Namun pengambilan keputusan akhir sepenuhnya berada pada Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota, dengan hasil akhir dan status “Memenuhi Kriteria” dan jika peserta didik yang sudah diterima namun tidak memenuhi syarat berdasarkan berkas lampiran maka akan digantikan dengan peserta didik “Alternatif” berjumlah 5 siswa tiap kabupaten.

References

Agustin, Y. H. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product. (Studi Kasus : Stmik Pontianak. Seminar Nasional Informatika 2015).
Ahmad, A. (2016, 11 01). Buka Info. Retrieved from www.bukainfo.com: https://bukainfo.com/pengertian-web-server-sebenarnya/#nofollow/3/
Aji, K. B. (2016). Petunjuk Teknis Pemberian Kartu Cerdas Jenjang Pendidikan Dasar Tahun 2016. Yogyakarta: Dikpora.
Ardhana, Y. K. (2013). PHP Menyelesaikan website 30 juta. Purwokerto: Jasakom.
Fowler, M. (2003). UML Destilite edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto, M. H. (1990). Analisis & Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur. Yogyakarta: Andi Offset.
Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: ANDI.
Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Kusumo, R. P. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Penerima Dana Bantuan Stimulan Usaha Pada BKM Tamanmartani Yogyakarta.
Manik, A. S. (2015). Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beras Untuk Masyarakat Miskin.
Marsono. (2015). Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran Rumah Berdasarkan Analisa Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Weighted Product.

Downloads

Published

2017-07-10