MENGEMBANGKANAPLIKASI GAME TIC-TAC-TOE MULTIPLAYER DENGAN FITUR KONEKSI BLUETOOTH BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yoga Arjanggi Nofianto
  • Suwanto Raharjo
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

game, , tic-tac-toe, android, bluetooth

Abstract

Dari banyaknya fasilitas yang dapat digunakan pada smartphone Android seperti internet, e-mail, GPS, Bluetooth, kamera, pemutar musik dan video, game dan lain sebagainya, game merupakan salah satu fasilitas yang menghibur pengguna smartphone. Terdapat banyak tipe game, diantaranya real time strategy, first person shooter, dan role playing game.

Game tic-tac-toe merupakan game tradisional yang ber-genre real time strategy, pada penelitian ini akan dibangun aplikasi game tic-tac-toe yang dapat dimainkan dua orang menggunakan perangkat android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman android.

Untuk memainkan game dibutuhkan dua perangkat smartphone yang saling terkoneksi, untuk itu dibutuhkan media koneksi antar perangkat yaitu bluetooth, bluetooth merupakan fasilitas atau media transfer data yang mudah dan murah, selain itu perangkat bluetooth tersedia di semua smartphone android, selain itu game tic-tac-toe yang dibuat memiliki fitur perintah suara, timer, dan penyimpanan data skor.

References

Aprilianti, Y. (2014). Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Yogyakarta: Akprind.
Hidayat, W. (2014). Rancang Bangun Game Puzzle Menggunakan Platform Android. Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika.
Istiqomah, D. A. (2014). Aplikasi game susun aksara jawa (suraja) sebagai media belajar aksara jawa kelas V SDIT salsabilah baiturrahman untuk platform android. Jurnal Elektronik Pendidikan Informatika, 1-7.
Jasson. (2009). Role Playing Game (RPG) Maker. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Juhara, Z. P. (2016). Panduan Lengkap Pemrograman Android. Yogyakarta: ANDI.
Mednieks, Z., Meike, G. B., Dornin, L., & Pan, Z. (2013). Enterprise Android Programming Android Database Application For The Enterprise. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Thota, L. S., Elsayeed, M., Shaik, N., Gawa, T. A., Rashed, A., Refdan, M., et al. (2014). Implementation of Tic-Tac-Toe Game in LabView. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 71-77.
Widodo, P. (2014). Aplikasi Konversi Suara ke Text Berbasis Android Menggunakan Google Speech API . Bianglala Informatika Vol.2 No.2, 11-19.

Downloads

Published

2017-07-10