SISTEM APLIKASI ANALISA DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU IST AKPRIND YOGYAKARTA

Authors

  • Hamdani -
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

Penerimaan Mahasiswa Baru, Analisis Penerimaan Mahasiswa Baru, PHP, MySQL

Abstract

Suatu perguruan tinggi menggunakan atau menerapkan Teknologi Informasi untuk memudahkan berlangsungnya proses kerja baik dosen, mahasiswa, maupun pegawai administrasi dalam hal pengaksesan data dan informasi. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan atau disingkat YPPP. Pendaftaran mahasiswa baru merupakan salah satu kegiatan dalam perguruan tinggi yang memungkinkan adanya ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa baru mendaftar masuk perguruan tinggi setiap tahunnya.

Pengembangan Promosi dan Penjaringan Mahasiswa Baru (P3MB) IST AKPRIND Yogakarta selaku bagian yang mengurus penerimaan mahasiswa baru, mengalami kendala dalam bagian analisis sistem penerimaan mahasiswa baru, kendalanya ialah bagaimana caranya pengurus P3MB untuk mengetahui jumlah calon mahasiswa dengan presentase tertinggi dan terendah berdasarkan daerahnya, serta bagaimana caranya mengetahui jumlah promosi tertinggi dan terendah berdasarkan jenis penerimaan mahasiswa baru yaitu secara online, promosi dan kuisioner.

            Sistem Aplikasi Analisis Data Penerimaan Mahasiswa Baru IST AKPRIND Yogyakarta dibuat berbasis web dengan  menggunakan bahasa  pemrograman  PHP  dan  perancangan  program  menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Database yang digunakan  adalah  MySQL. Sistem Aplikasi Analisis Data Penerimaan Mahasiswa Baru IST AKPRIND Yogyakarta merupakan suatu sistem dengan tujuan untuk mempermudah panitia Pengembangan Promosi dan Penjaringan Mahasiswa Baru (P3MB) IST AKPRIND Yogakarta dalam analisis data penerimaan mahasiswa baru.

            Hasil penelitian yang dihasilkan oleh aplikasi ini ialah dapat mempermudah panitia Pengembangan Promosi dan Penjaringan Mahasiswa Baru (P3MB) IST AKPRIND Yogakarta dalam analisis data penerimaan mahasiswa baru, untuk mengetahui jumlah calon mahasiswa dengan presentase tertinggi dan terendah berdasarkan daerah asalnya, untuk mengetahui jumlah calon mahasiswa dengan presentase tertinggi dan terendah berdasarkan jenis penerimaan mahasiswa baru pada media promosi dan untuk mengetahui jumlah jurusan terbanyak dan paling sedikit yang dipilih oleh calon mahasiswa baru.

References

Ahmad, A. (2017, Januari 25). Buka Info. Diambil kembali dari https://bukainfo.com/pengertian-web-server-sebenarnya/#nofollow/3/
Ardhana, Y. K. (2013). PHP Menyelesaikan website 30 juta. Jasakom.
Fowler, M. (2005). UML Distilled . Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Herdianto, R. A. (2014). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Codeigniter PHP Framework Di SMK Ma'aruf 1 Mungkid.
Mariadi, A. (2017, Januari 25). Diambil kembali dari Pemula Belajar: pemulabelajar.com/2016/03/pengertian-sublime-text-editor.html
Nugroho, N. (2014). Analisis Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online STMIK AMIKOM Yogyakarta Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (D&M).
Putra, F. S., dkk (2013). Pembangunan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Pada Universitas Terbuka Pacitan.
Saluky. (2015, 10 26). MySQL. Dipetik 11 23, 2014, dari eTunas: http://www.etunas.com/web/pengertian-mysql.htm
Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Susanto, A. (2004). Dalam Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya. Bandung: Lingga Jati.

Downloads

Published

2017-07-10