APLIKASI GAME TEBAK HEWAN BERBASIS WINDOWS PHONE

Authors

  • Ludavikus Maturbongs
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Catur Iswayudi

Keywords:

C#, Gane, Multimedia, Multibahasa, Windows phone.

Abstract

Game adalah sebuah permainan yang dapat dimainkan seseorang atau beberapa orang. Game dapat berupa multimedia yaitu terdiri dari gambar, suara, teks maupun video. Game dapat digunakan sebagai media edukasi kepada siapa saja. Penelitian ini bertujuan sebagai pengembangan aplikasi mobile untuk media pembelajaran dan pengenalan hewan terhadap anak-anak usia SD kelas satu sampai enam berbasis windows phone. Manfaat dari penelitian ini yaitu  Membantu dalam pengembangan aplikasi game mobile khususnya game pembelajaran mengenai hewan baik dalam bahasa indonesia, inggris, dan latin.

Windows phone adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft untuk perangkat telepon genggam. Game pembelajaran hewan dibuat untuk perangkat mobile dengan sistem operasi windows phone. Aplikasi game dikembangkan menggunakan bahasa pemroggraman C# dengan konsep OOP dan SQLite sebagai sistem perangkat lunak gratis yang berfungsi sebagai sistem manajemen basis data SQL. Pemodelan menggunakan konsep UML yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, kelas diagram, dan sequence diagram.

Maka dengan dikembangkan game tebak hewan multi bahasa ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan tentang nama-nama hewan dalam bahasa indonesia, inggris, dan latin serta dapat menjadi inspirasi bagi pengembang-pengembang game berbasis windows phone.

References

Ahmad Purwanto, (2012). Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap, Palito Media
Chandra, S. D. (2012). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Klasifikasi Hewan Berbasis Multimedia, Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Dawes, Adam. (2012) Windows Phone 7 Game Development. Apress.
Dawes, Adam. (2013) Windows 8 and Windows Phone 8 Game Development. Apress.
Rahina Nugrahani. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal of Education Research 36(1). Unes

Downloads

Published

2017-07-10