SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN TINGKAT KEMISKINAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDICTIVE WEIGHTING (SAW) DIDESA TEMUWANGI, PEDAN, KLATEN

Authors

  • Evi Eltinah
  • Suraya -
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

kemiskinan, SAW, ekonomi, SPK

Abstract

Krisis ekonomi yang berkepanjangan dan stabilitas politik yang tidak menentu menyebabkan pertumbuhan ekonomi melemah, meningkatnya jumlah pengangguran, melemahnya tingkat pendidikan, serta lambatnya pembangunan daerah, permasalahan kemiskinan adalah salah satu target penting bagi pembangunan di Indonesia, karena angka kemiskinan dapat bertambah dengan adanya krisis ekonomi akibat naiknya angka pengangguran. Untuk mengurangi dampak krisis ekonomi ini, banyak sekali program pemerintah seperti beras miskin (raskin), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan lain sebagainya yang disalurkan untuk kecamatan, kelurahan dan desa.  Dalam pelaksanaannya banyak salah sasaran bahkan kekurangan data dan kriteria orang yang dikatakan miskin, bahkan banyak bantuan diterima oleh orang yang tidak layak menerimanya.

Sistem Pendukung Keputusan Menentukan status kemiskinan diharapkan mampu membantu pihak Desa Temuwangi selaku pemegang penuh wewenang menentukan warga miskin yang ke depannya bisa digunakan untuk membantu menyalurkan bantuan kepada warga yang benar benar membutuhkan.

Penelitian ini menggunakan data warga desa temuwangi, data kriteria status kemiskinan.Metodologi yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Alat yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, templete bootstrap gentelle, Teks Editor program menggunakan sublime text 2, Perancangan Sistem menggunakan software visual paradigm for UML10.1 enterprise edition, database yang digunakan adalah MySQL, Web Server menggunakan XAMPP, serta perangkat komputer. Metode yang digunakan dalam menentukan keputusan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW).

Hasil tersebut kemudian dapat ditampilkan berdasarkan nilai terbesar atau terkecil, sehingga memudahkan pengambil keputusan untuk memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif.

 

References

Aeroyid. (2014, Januari 16). (Metode)Simple Additive Weighting SAW. Retrieved November 11, 2015, from Aerdy Four Blog: https://aeroyid.wordpress.com/2014/01/16/metodesimple-additive-weighting-saw/
Emilia, F. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Anak Dengan Metode Fuzzy Mamdani. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : VI, Nomor: 1.
Iswanto, W. (2016). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Pinjam Koperasi Taman Sejahtra (Studi Kasus: Badan Keswadayaan Masyarakat Tamanmatani Yogyakarta). Yogyakarta.
Kurniawan, A. (2016). Sistem Pengambil Keputusan Pengembangan Fasilitas Penunjang Wisata Di Kabuapten Pacitan. Yogyakarta.
Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: PENERBIT ANDI.
Kusumo, R. E. (2016). Sistem Pengambil Keputusan Dalam MenentukanPenerima Dana Bantuan Stimulan Usaha Pada Badan Keswadyaan Masyarakat Di Tamanmartani Yogyakarta(Studi Kasus:Badan Keswadyaan Masyarakat Di Tamanmartani Yogyakarta). Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-07-10