SISTEM PENGUJIAN KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (STUDI KASUS PADA PORTAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA)

website

Authors

  • Galih Prassantika Utama
  • Amir Hamzah
  • Uning Lestari

Keywords:

website, validitas,, reliabilitas, skala likert, WebQual 4.0

Abstract

Sebagai sarana atau wadah penyebaran informasi, website berperan penting dalam penyebaran informasi-informasi yang dapat dinikmati secara masal. website harus memiliki kualitas yang baik dari segi informasi yang dimuat dan seberapa nyaman pengguna awam menggunakannya untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan analisa tentang faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kualitas website. Dari hasil analisa tersebut dapat dilakukan evaluasi untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh untuk menigkatkan kualitas website tersebut dilihat dari User Satisfaction (Kepuasan Pengguna) dari sisi usebility, Quality Information, dan Service Interaction. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah WebQual 4.0 sebagai metode pengujian website berdasarkan persepsi pengguna akhir.

Dalam proses penelitian dibangun sistem untuk menguji kualitas website dengan studi kasus pengujian kualitas layanan website portal sistem informasi akademik dengan metode WebQual 4.0. Dengan menggunakan sistem tersebut, dilakukan penarikan sampel responden terhadap 75 mahasiswa. Tahapan berikutnya analisis 22 pertanyaan kuisioner yang digunakan pada sistem. Pertama analisis yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dan penilaian kuisioner dengan skala likert. Uji validitas menggunakan rumus Bevariate Pearson, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s, dan penilaian kuisioner menggunakan skala likert dengan 5 interval penilaian Skala Likert yaitu sangat memuaskan, memuaskan, cukup memuaskan, kurang memuaskan, dan tidak memuaskan.

Dengan menerapkan aplikasi uji kualitas website yang dikembangkan dalam  proses analisis pada studi kasus pengujian kualitas layanan Portal Sistem Informasi Akademik Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dari persepsi mahasiswa/i didapatkan hasil yang terbilang baik dengan masuk dalam kategori memuaskan dengan nilai akhir 3,53 atau dengan hasil persen sebesar 71%. Dengan hasil dari dimensi yang paling dominan dari ketiga dimensi WebQual 4.0 yaitu dimensi information quality dan dimensi dengan nilai terendah ada pada dimensi service interaction

References

Putra, Zahreza Fajar Setiara. 2014. Analisis Kualitas Layanan Wbesite BTKP-DIY Menggunakan Metode WebQual 4.0. Skripsi, Jurusan teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND Yogyakarta, Yogyakarta.
Wibisono, Sony Cahyo. 2015. Analisis Kualitas Final Proyek Website Milik Bank Boyolali Terhadap Pengguna Akhir (Metode WebQual 4.0). Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND Yogyakarta, Yogyakarta.
Nasution, Miftah. 2013. Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya Dengan Metode WEBQUAL. Skripsi, Jurusan Sistem Informasi, FTI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Suseno, Adnan Terry., Dkk. 2015. Analisis Mutu WEB Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen Berdasarkan Persepsi Pengguna. Jurnal Informatika, Jurusan Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta
Abbas, Wahidin. 2013. Analisis Kepuasan Mahasiswa Website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, FK, Universitas Negeri, Yogyakarta.
Barnes, S . J. and R. T. Vidgen, Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange.Industrial Management & Data Systems 103/5 [2003] 297-309.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2017-07-10