IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENEMUKAN POLA PEMBELIAN BARANG DI MINIMARKET FRIDA MAGELANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Asri Respti1
  • Uning Lestari
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Minimarket, Apriori,, Data Mining.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka memungkinkan melakukan pengumpulan dan penyimpanan data dengan lebih cepat, kapasitas yang lebih besar, dan harga yang lebih murah. Tetapi kecepatan bertambah banyaknya data tersebut tidak diimbangi dengan banyaknya penarikan informasi dari data tersebut, sehingga bisa dikatakan kaya akan data tetapi miskin informasi.

Data mining menjadi salah satu solusi nyata untuk memilah data menjadi suatu informasi yang berguna. Salah satu metode data mining yang paling cocok untuk menentukan strategi penjualan dalam bisnis minimarket adalah metode Analisa Keranjang Belanja, yaitu dengan menggunakan algoritma apriori. Algoritma Apriori digunakan, karena algoritma ini mencai nilai frekuensi tertinggi dengan cara pengkombinasian item dengan item lainnya, hasil dari proses Algoritma Apriori berupa nilai support dan nilai confidence.

Penelitian ini menggunakan data transaksi penjualan di Minimarket Frida Magelang. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah JAVA.

Dari data transaksi yang dianalisa menggunakan aplikasi, hasil kombinasi item dengan nilai support dan nilai confidence terbesar adalah kombinasi item Permen lunak rs cokelat dan Aqua btl 600ml dengan nilai support sebesar 11,43% dan nilai confidence sebesar 100%, yang artinya 11,43% dari semua transaksi yang dianalisis menunjukkan bahwa Permen lunak rs cokelat dan Aqua btl 600ml dibeli bersamaan dan jika konsumen membeli Permen lunak rs cokelat maka terdapat 100% kemungkinan akan membeli Aqua btl 600ml juga.

References

Pane, D.K. 2013. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kreditplus) (Jurnal). STMIK Budidarma, Medan.
Wahid, M. 2016. Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Untuk Menemukan Pola Penjualan Produk Suku Cadang Motor di Happy Motor Sport Yogyakarta Menggunakan Algoritma Apriori. IST AKPRIND, Yogyakarta
Yanto, R ., Khoiriah, R. 2015. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat (Jurnal). Sistem Informasi STMIK Bina Nusantara Jaya, Lubuklingau.

Downloads

Published

2017-07-10