PEMANFAATAN FRAMEWORK LARAVEL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TOKO ONLINE DI TOKO NEW TREND BATURETNO

Authors

  • Aji Nugrahaning Widhi
  • Edhy Sutanta
  • Erna Kumalasari Nurnawati

Keywords:

: Framework Laravel, Aplikasi website, toko online

Abstract

Laravel adalah framework PHP dengan kode terbuka (open source) dengan desain MVC (Model-View-Controller) yang digunakan untuk membangun aplikasi website.Banyaknya fitur-fitur yang diberikan oleh Laravel untuk memudahkan pengembang aplikasi website membuat penulis ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan laravel dalam pengembangan aplikasi website di toko New Trend Baturetno.

Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah data mengenai informasi toko, dan data produk beserta kode dan harga produk. Metode yang digunakan dalam mendapatkan data tersebut adalah dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Untuk metode perancangan basis data adalah dengan menggunakan Entity Relational Diagram (ERD), dan metode perancangan sistem menggunakan Entity Relational Model (ERM) yang memanfaatkan Diagram Flow Diagram (DFD) Level 0, Level 1, dan level 2. Aplikasi website toko online New Trend ini dibangun menggunakan framework Laravel, PHP, HTML, CSS, JavaScript, basis data MySQL, web server Apache, Visual Studio Code.

Aplikasi website ini dikembangkan untuk dua entitas, yaitu Administrator dan Costumer. Pemanfaatan framework laravel terdapat dalam pembuatan login, konfigurasi basis data dan arsitektur aplikasi yang menggunakan metode MVC. Dalam pemanfaatannya untuk pengembangan aplikasi ini, framewok  laravel masih mempunyai kekurangan yaitu setelan bawaan untuk panjang data ketika membuat tabel, banyaknya file yang tidak mempengaruhi pengembangan aplikasi ini.

References

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Tingkat Lanjut. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Febrianto, W. (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial, Vol 3 No 5, 184.
Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID. JISKa, Vol. 2, No. 1, 34-41.
M.Muksin, & Krisnadi, I. (2016). Tingkat Kepercayaan Terhadap Kualitas Kepuasan dan Loyalitas Pembelanja Muda di Toko Online. Universitas Mercu Buana.
Purbasari, Handika, I. G., & Ayi. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, 1329.

Downloads

Published

2019-12-01