PURWARUPA IOT SISTEM PEMANTAUAN DAN KENDALI RUANG PADA SMARTSTORE (TOKO PINTAR) BERBASIS MOBILE

Authors

  • Wafikulinnuha -
  • Uning Lestari
  • Amir Hamzah

Keywords:

Smartstore, Sistem Kendali Dan Pemantau, Android, Firebase

Abstract

Keamanan menjadi salah satu faktor kelancaran dalam berwirausaha, keadaan yang aman membuat terbebas dari bahaya sering di timbulkan karena kelalaian aktivitas manusia seperti pemasangan gas LPG yang tidak sempurna serta lalai mematikan peralatan elektronik ketika menutup toko. Berawal dari kelalaian dapat menimbulkan bahaya yang berlanjut hingga menimbulkan kebakaran maupun konsleting listrik. Keadaan tersebut sering memicu keadaan yang lebih berbahaya barupa adanya api kebakaran ketika toko dalam keadaan kosong.

Sistem smartstore dimanfaatkan untuk memantau keadaan rumah melalui beberapa sensor yang telah di pasang dalam ruangan. Sensor yang digunakan berupa sensor MQ2, DHT11, PIR, dan Sensor api. Data dari seluruh sensor dikumpulkan dengan memanfaatkan mikrokontroller nodemcu untuk mengirimkan data pada aplikasi smartphone melalui perantara firebase realtime database.

Data pada sistem purwarupa dan aplikasi smartstore saling terhubung melalui perantara firebase database. Dengan menginputkan email dan password yang sesuai pada database pada panel login, pemilik dapat melakukan pemantauan dan mengendalikan alat elektronk yang telah terhubung dengan sistem. Seluruh kejadian yang berbahaya akan di simpan pada aplikasi dan dapat di pantau secara langsung oleh pemilik. Hasil pengujian yang didapatkan pada purwarupa alat dan aplikasi dapat berjalan dan berfungsi dengan baik.

References

Juanita, S., & Windarto. (2016). SISTEM PEMANTAUAN RUMAH ANTI MALING DAN KEBAKARAN. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.
Lestari, U., Fatkhiyah, E., & Prakoso, A. F. (2019). APPLICATION OF HOME LIGHT CONTROL SYSTEM USING ARDUINO WITH MOBILE BASED WIFI MEDIA. International Journal Information System and Computer Science (IJISCS).

Downloads

Published

2020-01-15