SISTEM MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG DAGANG MENGGUNAKAN METODE SAFETY STOCK DAN REORDER POINT BERBASIS WEB (STUDI KASUS: ART KEA CENTRO PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA)

Authors

  • Rahma Cahya Pratiwi
  • Catur Iswayudi
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

Sistem Manajemen Persediaan, Safety Stock, Reorder Point

Abstract

Pengelolaan persediaan barang merupakan salah satu cara meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, dengan menjamin tersedianya barang yang dibutuhkan. Art Kea di CENTRO Lifestyle Department Store Plaza Ambarrukmo Yogyakarta merupakan salah satu counter milik PT. Art Kea Internusa yang belum melakukan pengelolaan pada persediaan barang dagang mereka sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kekurangan stok barang dagang sewaktu-waktu.

Mengatasi agar tidak terjadi kekurangan stok barang dagang, dibutuhkan langkah untuk mengoptimalkan persediaan barang. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan menggunakan metode Safety Stock (Persediaan Pengaman) dan Reorder Point (Titik Pemesanan Kembali). Metode Safety Stock dipilih karena dapat mengetahui persediaan aman yang harus ada, sedangkan metode Reorder Point dipilih karena dapat mengetahui pada jumlah berapa suatu barang harus dipesan kembali.

Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi Sistem Manajemen Persediaan Barang Dagang di Art Kea CENTRO Plaza Ambarrukmo Yogyakarta berbasis web yang dapat mempermudah untuk mengetahui Safety Stock (Persediaan Pengaman) dan Reorder Point (Titik Pemesanan Kembali) barang dagang. Aplikasi ini dapat menjadi sarana informasi untuk Art Kea CENTRO Plaza Ambarrukmo dan PT. Art Kea Internusa dalam mengetahui persediaan barang dagang.

References

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Haizer, J., & Render, B. (2011). Manajemen Operasi Edisi Sembilan. (C. Sungkono, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.
Jayanti, N. A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Model Reorder Point (Vol. 5). Bali: Eksplora Informatika.
Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosmania, F. A., & Supriyanto, S. (2015). Analisis Pengelolaan Obat sebagai Dasar Pengendalian Safety Stock pada Stagnant dan Stockout Obat (Vol. 3). Surabaya: Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia.
Salurante , A. T. (2014). Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada CV. D & D Handcraft Collections Yogyakarta. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.
Slamet, A. (2007). Penganggaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Downloads

Published

2019-12-01