PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ROTI MARYAM BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (STUDI KASUS : ‘ARFA BAKERY)

Authors

  • Maria Ulfa Nofiani1
  • Uning Lestari
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Arfa Bakery, website, penjualan, roti maryam

Abstract

Teknologi dan informasi yang semakin berkembang menjadi pengaruh besar pada berbagai bidang. Banyak instansi dan perusahaan memanfaatkan perkembangan teknologi dan  informasi untuk menunjang usahanya. Salah satunya dengan membangun sebuah website untuk memudahkan pengelolaan data dan menyediakan informasi yang lebih baik

‘Arfa Bakery adalah sebuah pabrik kecil atau usaha rumahan yang memproduksi dan menjual roti maryam. Pengelolaan usahanya masih menggunakan sistem konvensional atau pencatatan manual. Sistem informasi penjualan sudah dibangun pada penelitian Kerja Praktek. Sistem tersebut masih memiliki banyak kekurangan, yaitu hanya dapat melakukan transaksi sederhana dan menampilkan laporan dalam satu halaman secara langsung, serta beberapa validasi yang belum diterapkan pada sistem, sehingga perlu dilakukan  pengembangan sistem.

Dari latar belakang masalah tersebut, penelitian bertujuan mengembangkan website yang sudah ada sebelumnya untuk melengkapi kekurangan pada sistem tersebut, dan dapat menyajikan laporan penjualan secara periodik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan penelitian lapangan (field research) dan penelitian perpustakaan (library research).

References

Azwanti, Nurul (2017). “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web dengan Pemodelan UML”. Jurnal Ilmu Komputer Vol. 4, No. 1.
Fadillah dan Suprianto (2017). “Sistem Informasi Penjualan Produk Krupuk Berbasis Web Responsive (Studi Kasus : UD Sumber Makmur)”. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer Vol. 8 No. 1.
Ferdika Dan Kuswara (2017). ”Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Pt. Era Makmur Cahaya Damai Bekasi”. Information System For Educators And Professionals Vol.1, No. 2.
Prasetyo dan Susanti (2016). “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar”. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA) Vol.10, No.2

Downloads

Published

2020-01-15