SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN LOKASI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL DAN INFORMAL DI KOTA DILI TIMOR-LESTE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN ANDROID

Authors

  • Lucio Almeida Da Costa
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Erma Susanti

Keywords:

Aplikasi, Lembaga Pendidikan, Android, Dilli

Abstract

Dalam rangka memberikan kemudahan informasi navigasi dari lokasi-lokasi Lembaga Pendidikan yang ada di kota Dili maka dibutuhkan sebuah sistem berbasis Android dengan fitur yang menyediakan informasi navigasi dari berbagai macam lokasi sesuai alamat Lembaga Pendidikan baik Lembaga Pendidikan formal maupun informal di seluruh penjuru kota Dili.

Metodologi analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode waterfall dimulai dari identifikasi masalah dilanjutkan dengan perancangan, pemrograman dan pengujian aplikasi. Setelah mendapatkan hasil yang bagus selanjutnya ke langkah implementasi aplikasi.

Aplikasi mobile lokasi pencarian Lembaga Pendidikan di kota Dili berbasis Android berhasil dibangun dengan dukungan teknologi Google Maps dan Global Positioning System (GPS). Aplikasi memiliki fitur utama yaitu menyediakan informasi lokasi dari berbagai lembaga Pendidikan.

References

Abidullah, W. A., & dkk. (2018). Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile Rekomendasi Pencarian Iklan Dan Petunjuk Arah Lokasi Transaksi Pada Aplikasi Jual Beli Online Menggunakan Location Based Services. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.2, 1-7.
Susanto, C., & Hardi. (2017). Pencarian Lokasi Toko Buku Berbasis Sistem Informasi Geografis Dengan Metode Auto Reader Mobile Android. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017 (hal. 1-6). Bali: STMIK STIKOM Bali.
Tadon, B. (2016). Aplikasi Navigasi Lokasi Rumah Sakit Yang Memberikan Pelayanan BPJS Di Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Android Dan GPS. Naskah Publikasi, 1-11.

Downloads

Published

2020-01-15