SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELUARGA MISKIN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: DESA MANISHARJO, NGRAMBE, NGAWI)

Authors

  • Lilik Nugroho
  • Amir Hamzah

Keywords:

FMADM, Simple Additive Weighting (SAW), Keluarga Miskin, SPK

Abstract

Masalah penentuan keluarga miskin mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan bersosial, terutama untuk pemerintah terkait dengan segala bentuk program untuk memberantas kemiskinan. Penentuan keluarga miskin juga berperan sebagai titik untuk memprioritaskan segala bentuk bantuan yang ada dalam program pemerintah. Dalam masalah tersebut cukup terlihat bahwa pemerataan bantuan kurang tepat sasaran.

Dalam penelitian ini digunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). SAW penjumlahan terbobot, yakni dengan mencari penjumlahan terbobot dari nilai kinerja pada setiap alternatif, pada semua atribut dan membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua nilai alternatif yang ada.

Sistem pendukung keputusan penentuan keluarga miskin yang telah dibangun menghasilkan output berupa rangking keluarga miskin, User dapat menentukan rangking keluarga dengan memasukan nilai – nilai yang digunakan dalam menentukan ranking keluarga miskin sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pada bagian administrator juga memiliki kemampuan untuk mengelola Kriteria dan sub kriteria dari data penentuan rangking keluarga miskin dan tidak miskin. Sistem dapat menampilkan rangking berdasarkan prioritas kriteria yang ditentukan

References

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Atrribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit GRAHA ILMU.
Pahu, G. Y., Putri, L. R., Nungsiyati, & Renaldo, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Calon Penerima Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal TEKNOINFO, Vol. 12, No. 2, 2018, 82-86.
Prayogo, H. W., Muflikhah, L., & Wijoyo, S. H. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Penentuan Penerima Zakat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 11, November 2018, 5877-5883.
Siswono, A., Bahiyah, N., & Sokibi, P. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Program Raskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Kelurahan Kesambi. JURNAL DIGIT, Vol. 7 No.1 Mei 2017, 62-73.

Downloads

Published

2020-01-15