PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA CV PANDAWA MANDIRI

Authors

  • Hendra Ryadi Sardi
  • Erna Kumalasari Nurnawati
  • Edhy Sutanta

Keywords:

Pelayanan Hubungan Pelanggan, Codeigniter, Perancangan

Abstract

Customer Relationship Mangement (CRM) atau Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan adalah strategi komprehensif yang mencakup proses memperoleh pelanggan tertentu, menjaga klien dan bekerja sama dengan klien untuk menciptakan nilai terhormat bagi perusahaan dan pelanggan. Strategi ini membutuhkan pengintegrasian fungsi pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dan rantai eksposisi untuk mencapai kompetensi dan efisiensi tertinggi dalam memberikan nilai kepada pelanggan. Melihat kondisi yang demikian dengan menerapkan sistem CRM, pelayanan kepada pelanggan dapat menjadi lebih baik dan akan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Kehadiran CRM akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat karena CRM mampu mendapatkan inti konsep pelanggan dan meletakkannya dalam kerangka aplikasi. Maka muncul gagasan untuk membuat CRM berbasis web menggunakan framework Codeigniter dengan studi kasus pada CV Pandawa Mandiri. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu membina hubungan yang baik dengan pelanggan untuk jangka panjang. Menciptakan komunikasi yang konsisten dengan harapan mendapatkan umpan balik yang positif untuk masa depan perusahaan dan memberikan informasi data transaksi yang diperoleh dan dapat memproses juga menyimpan data transaksi di dalam sistem. Metode yang digunakan adalah sistem aplikasi manajemen layanan pelanggan untuk kebutuhan perusahaan. Hasil pada tahap pengimplementasian sistem ini berjalan dengan baik dari hasil analisis dan perancangan dengan penambahan penambahan fitur sesuai dengan kebutuhannya.

References

Barthholomew, D. (2014). MariaDB Cookbook. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
Buttle, F. (2004). Customer relationship Management Concept and Tools. Elsevier Ltd.
Buttle, F. A., & Maklan, S. (2016). Customer Relationship Management: Concepts and Technologies.
Ekadiansyah, E., & Kurniawan, H. (2015). Perancangan e-CRM (Costumer Relationship Management) Pada PT. Sonya FM Medan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Indraprasta.
Fowler, M. (2005). UML Distilled . Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Kartaman, A. T., & Winangun, A. K. (2019). Perancangan E-Business Berbasis CRM (Costumer Relationship Management Studi Kasus : Perusahaan Jasa Cuci Sepatu S-Neat-Kers. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC .
Parvatiyar, A. &. (2002). Customer relationship management: Emerging practice,process, and discipline. Journal of Economic and Social Research.
Payne, A. (2005). HANDBOOK OF CRM : Achieving Excellence in Customer Management. Burlington: Newgen Imaging Systems (P) Ltd.

Downloads

Published

2020-01-15