RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Muanar Gadafi Barek
  • Erna Kumalasari Nurnawati
  • Muhammad Sholeh

Keywords:

Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Pencarian Lokasi, Android

Abstract

INTISARI

Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Pencarian informasi dan lokasi perguruan tinggi sangat penting terutama untuk calon mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi berbasis perangkat bergerak yang dapat memberikan layanan informasi dan lokasi Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan studi pustaka. Sedangkan perancangan menggunakan perancangan sistem berbasis Objek UML dengan Visual Paradigm 15.2, pengembangan sistem dengan bahasa pemrograman JAVA dan basis data menggunakan MySQL 5.0.11. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis web untuk admin yang digunakan untuk mengelola data, sedangkan aplikasi berbasis Android “Kampus Jogja” yang digunakan oleh user. Aplikasi ini berisi fitur daftar perguruan tinggi, perguruan tinggi terdekat, cari perguruan tinggi, bantuan dan tentang aplikasi.

References

Agustina, N.I., 2017, Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta Berbasis Android, Teknik Informatika, STMIK AKAKOM, Yogyakarta.
Arief, M.R., 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL, Andi, Yogyakarta.
Dian, M., 28 Juni 2019, Tutorial Google Maps API: Menampilkan Peta Google Map di dalam Web, https://www.petanikode.com/google-map-dasar/.
Falahah, M., 2016, Sistem Informasi Geografis Peta Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Barat, Teknik Informatika, Universitas Widyatama, Bandung.
Hamzah, A., 2012, Dasar-Dasar Pemrograman Java, AKPRIND Press, Yogyakarta.
Irwan, I., Atmajaya, D., 2018, Sistem Informasi Pencarian Lokasi Perguruan Tinggi di Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Makasar.
Mukhlasin, H., 28 Juni 2019, Mengenal Restful Web Service, https://www.hafidmukhlasin.com/2015/12/08/mengenal-restful-web-service/.
Nugroho, S.C., Nurhayati, O.D., Widianto, E.K., 2015, Aplikasi Pencarian Rute Perguruan Tinggi Berbasis Android Menggunakan Location Based Service (LBS) di Kota Semarang, Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Semarang.
Riyanto, Putra, P.E., Indelarko, H., 2009. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web, Gava Media, Yogyakarta.
Supardi, Y., 2014. Semua Bisa Menjadi Programmer Android Case Study, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Yudhanto, Y., Wijayanto, A,. 2017, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Yani, M., 2017, Aplikasi Pencarian Perguruan Tinggi Menggunakan Google Maps Berbasis Android, Teknik Informatika, STMIK AKAKOM, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-01-15