SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Authors

  • Gustian Rohendi
  • Erma Susanti
  • Edhy Sutanta

Keywords:

SAW, SPK

Abstract

Kebutuhan perumahan semakin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk. Pemenuhan kebutuhan perumahan tersebut dapat dilakukan dengan cara membangun sendiri atau membeli perumahan yang dikembangkan oleh developer. Jumlah perumahan yang dikembangkan oleh developer juga semakin banyak, namun para calon pembeli mengalami kesulitan karena adanya keterbatasan dalam beberapa hal, antara lain ketersediaan dana, kebutuhan jarak yang dekat dengan tempat kerja, fasilitas yang tersedia, kebutuhan jaminan keamanan. Umumnya, perumahan yang dekat dengan pusat kota memiiki memiliki berbagai fasilitas, harga yang cukup mahal dan keamanan yang cukup terjamin. Sehingga ketersediaan perumahan yang dikembangkan oleh developer tidak selalu sesuai dengan keadaaan/kondisi atau kebutuhan para calon pembeli.

Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Konsep SAW adalah sederhana, mudah dipahami, dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relative dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana.Implementasi sistem pendukung keputusan pemilihan perumahan Yogyakarta menggunakan metode Simple Additive Weighting, telah memberikan alternatif pengurutan nilai tertingi dari perumahan pilihan yang telah direkomendasikan oleh user dan developer dalam menentukan perumahan terbaik. Berdasarkan dari hasil perbandingan metode Simple Additive Weighting di dapat hasil dari penilaian perumahan terbaik yaitu diperoleh oleh perumahan Taman Darussalam.

References

Bastiah. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pembelian Rumah Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (FCM) Clustering. Pelita Informatika Budi Darma.
Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2018). Penerapan Metode Saw Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama Penerapan Metode SAW
Haris , T. S., & Dede , A. P. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil LCGC Menggunakan Simple Additive Weighting. Jurnal Sistem Informasi, Volume.4, 17.
Hartika , M., Berto, N., & Taronisokhi , Z. (2017). Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Dengan Metode SAW. Media Informatika, Vol 1(No 2), 49-53.
Salim, A. m. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Bantuan Perbaikan Rumah Menggunakan Metode SAW Study Kasus Kelurahan Tambelan Sampit Kota Pontianak. Jurnal SISTEMASI, 120-131.
Santoso, Arif. 2015. Tugas Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (Bkprd) Dalam Pembangunan Perumahan Dan Permukiman Berdasarkan Aspek Geografis Dan Aspek Lingkungan Di Kota Bandar Lampung. Bagian Hukum Administrasi Negara Universitas Lampung. Bandar Lampung
Tomy , R. A., Zainal , A., & Dyna , M. K. (2017).Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal di Perumahan Menggunakan Metode imple Additive Weighting. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi , Vol. 2( No. 1), 201.
Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent System ( Sistem pendukung keputusan dan system cerdas ) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.
Utdirartatmo, Firrar. 2002. Mengelola Database Server MySQL. Andi. Yogyakarta

Downloads

Published

2020-01-15