APLIKASI PENDETEKSI CELAH KEAMANAN APLIKASI WEB DENGAN PENETRATION TESTING MENGGUNAKAN METODE INPUT VALIDATION TESTING

Authors

  • Tamam Achmad Hanafi
  • Catur Iswayudi
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

Apencesting, OWASP, Input Validation Testing, Java

Abstract

Keamanan dalam sebuah website adalah hal yang mutlak, karena dalam perkembangannya sebuah website dapat melakukan transaksi jual beli, memasukkan data pribadi, dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut terdapat data penting seperti nomor identitas, nomor rekening, hingga data pribadi. Oleh karena itu keamanan dalam sebuah aplikasi adalah sebuah hal yang mutlak.

            Apencesting adalah sebuah aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dengan metode Input Validation Testing menggunakan teknik Remote File Inclusion, Local File Inclusion, dan SQL Injection yang terdapat dalam Open Web Application Security Project (OWASP). Sebuah komunitas terbuka yang didedikasikan pada keamanan sebuah aplikasi.

            Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi kerentanan sebuah aplikasi berbasis web dengan metode Input Validation Testing dengan teknik Remote File Inclusion, Local File Inclusion, SQL Injection.

References

2. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi pada Tabel 1 maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan penelitian.
3. Dapat membantu pengembang sebuah website dalam menemukan celah keamanan sebuah aplikasi berbasis PHP.

DAFTAR PUSTAKA
Fajaryanto, A., Prayudi, Y., & Dirgahayu, R. T. (2015). Penerapan Metode ISSAF dan OWASP versi 4 Untuk Uji Kerentanan Web Server. Jurnal Ilmiah NERO.
Kirit I., C. (2015). Comparative Study of Detect IVAs over the Web Application. Comparative Study of Detect IVAs over the Web Application.
Nababan, I. M. (2014). Pendeteksi Celah Keamanan Pada Aplikasi Web Dengan Penetration Testing Menggunakan Data Validation Testing. 14.
Sosmed, E. (2014, Februari 6). Kelebihan dan Kekurangan Program Desktop dan Web Based. Retrieved from essiitech.com: http://essiitech.com/portfolio/kelebihan-dan-kekurangan-program-desktop-dan-web-based
Yunanri, Riadi, I., & Yudhana, A. (2016). Analisis Keamanan Webserver Menggunakan Metode Penetrasi Testing.

Downloads

Published

2020-01-15