PEMBUATAN APLIKASI CONTENT AGGREGATOR INFORMASI AKADEMIK BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : IST AKPRIND YOGYAKARTA)

Authors

  • Fajar Febri Pratama
  • Catur Iswayudi
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Content aggregator, akademik, aplikasi android

Abstract

Keunggulan penggunaan dari content aggregator ini salah satunya adalah dapat menampilkan data yang berasal dari feed yang telah disediakan oleh website masing-masing penyedia informasi tanpa harus mengambil data dari basis data. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi umum mengenai IST AKPRIND Yogyakarta dan informasi dari link eksternal melalui content aggregator serta informasi akademik untuk masing-masing mahasiswa. Bahan yang digunakan dalam aplikasi ini adalah data yang diperoleh dengan melakukan observasi terhadap aplikasi content aggregator seperti aplikasi Indonesia News dan aplikasi lain sejenis dan data akademik yang berasal dari IST AKPRIND Yogyakarta. Hasil performance test menunjukan waktu selama 0,66 detik dan aplikasi ini juga kompatibel pada OS android versi 4.0.1 ke atas dengan konsumsi RAM yang ringan sekitar 7,03mb dan uji kepuasan pengguna menghasilkan skor 3,3 yang berarti cukup memuaskan

References

Hakim, A. N. (2011). Membangun Aplikasi Content Aggregator Pada Mobile Android. Skripsi, Universitas Komputer Indonesia.
Murtiwiyati, & Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar berbasis Android. Jurnal Ilmiah, 12, 2,3.
Syukur, M. S., Purbasari, A., & Gusdia, W. (2016). Pembangunan Aplikasi News Aggregator Berbasis Android Dilengkapi Fitur Beberapa Pilihan. Skripsi, Universitas Pasundan.
Utomo, M. S. (2012). Implementasi PHP sebagai Penghasil Konten Otomatis pada Halaman Situs. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume 17, No.2, Juli 2012 : 147-153.
Wahono, N. V., Wibowo, A., & Intan, R. (2015). Aplikasi Indonesian News Aggregator Berbasis Android yang Didukung oleh Sistem Perekomendasi. Jurnal INFRA, Vol 3, No 1.

Published

2019-07-10