MEMBANGUN SERVER DAN ANALISIS BACKUP DATABASE POSTGRESQL MENGGUNAKAN TEKNIK REPLICATION MASTER/SLAVE

Authors

  • Zaenal Arifin
  • Joko Triyono
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

PostgreSQL, Replication Master/Slave, Database, delay, backup

Abstract

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. PostgreSQL atau sering disebut Postgres merupakan salah satu database besar yang menawarkan skabilitas, keluwesan, dan kinerja tinggi. PostgreSQL termasuk dalam kategori free open source software (FOSS). Penggunaanya begitu meluas diberbagai platform dan didukung oleh banyak bahasa pemrograman.

Dalam penelitian ini merancang server backup database PostgreSQL atau yang sering disebut replikasi database master/slave. Replikasi adalah proses menyalin data dari database pada satu server (Master) ke database server lain (Slave). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendistribusikan database ke beberapa mesin, jadi ketika server master memiliki masalah, ada mesin cadangan (slave) dengan yang sama tersedia untuk menangani masalah yang terjadi pada server master.

Analisis dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan data replikasi database antara server master dan server slave dan untuk mencari berapa lama waktu (delay) yang dibutuhkan data tereplikasi ke server slave dan hasil analisis didapatkan dari log yang ada dikedua server tersebut. Hasil penelitian ini pengujian replikasi database master/slave server PostgreSQL berjalan dengan baik.

References

Abidin, R. (2016). Pengertian Location Based Services (LBS) dan Komponennya. Retrieved August 30, 2017, from https://teknojurnal.com/pengertian-location-based-services-lbs-dan-komponennya/
Ansari, M. A., Sharma, S., Shete, A., Ghorpade, S., & Ghodke, N. (2017). Event Organization Using GPS Based Location Tracking Including Communication System. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 3(6), 245–249.
Godam. (2012). ARTI PENGERTIAN FASILITAS UMUM DAN FASILITAS SOSIAL (PERBEDAAN FASUM FASOS). Retrieved August 30, 2017, from http://www.organisasi.org/1970/01/arti-pengertian-fasilitas-umum-dan-fasilitas-sosial-perbedaan-fasum-fasos.html#
Permatasari, D., & Noveristi, N. (2013). Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan dan Tagihan Pelanggan di PDAM Tirtawening Kota Bandung Menggunakan SMS Gateway. JAMIKA Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM, 3.
Putra, E. B., Ichsan, D. M., & Elidjen. (2013). APLIKASI DAN PERANCANGAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMKAB MERANGIN BERBASIS WEB. Jakarta.
Ramchandra Nimbalkar, R. (2013). Mobile Application Testing and Challenges. International Journal of Science and Research, 2(7), 2319–7064. Retrieved from www.ijsr.net

Downloads

Published

2019-07-10