PROTOTIPE SISTEM PEMANTAUAN LOKASI MOBIL MENGGUNAKAN ARDUINO MEGA

Authors

  • Wahyu Afrianto
  • Muhammad Sholeh
  • Edhy Sutanta

Keywords:

GPS, PEncurian mobil, Sistem Pemantauan Lokasi Mobil

Abstract

Sudah banyak kasus pencurian mobil yang terjadi di masyarakat baik di kota besar maupun kecil. Alarm merupakan salah satu alternatif alat untuk menghindari kasus pencurian mobil. Namun kenyataannya, masih banyak terjadi kasus pencurian mobil  dengan cara memutus aliran listrik untuk alarm yang dipasang. Pemilik mobil maupun aparat kepolisian pun sulit untuk melacak dimana lokasi mobil  yang dicuri dikarenakan tidak ada sistem untuk memberikan informasi lokasi mobil secara cepat. Global Positioning System(GPS) merupakan sistem navigasi yang menggunakan satelit yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dalam kondisi cuaca apapun.

Penelitian ini membangun sebuah prototipe sistem pemantauan lokasi mobil. Penelitian ini menggunakan Arduino Mega, Modul GPS, dan modul GSM. Prototipe sistem ini akan diletakkan pada mobil yang kemudian akan mendapatkan titik koordinat latitude dan longitude. Data latitude dan longitude  akan dikirim ke server untuk disimpan pada database  dan kemudian akan ditampilkan ke website dan mengirimkan notifikasi melalui telegram.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Arduino, modul GPS, dan modul GSM merupakan alat yang dapat dijadikan alternatif untuk mengetahui lokasi mobil yang sedang berhenti dengan cara mengirimkan data yang didapat dari GPS ke web server dan akan disimpan pada database MySQL serta dapat mengirimkan notifikasi melalui telegram yang berisi titik koordinat lokasi mobil berhenti. Dari notifikasi telegram ini dapat terintegrasikan pada aplikasi google map yang ada pada telepon genggam.

References

Seniman, Sofyan, I., & Efendi, S. (2016). Penerapan Jarak Tempuh Kendaraan Menggunakan Modul General Packet Radio Service (GPRS), Global Positioning System (GPS) dan Arduino. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 29-38.
Siringoringo, R. M. (2015). Perancangan dan Implementasi Monitoring Kendaraan Bermotor Berbasis Gps dan SMS. eProceedings of Applied Science.
Susanti, E., & Triyono, J. (2016). Pengembangan Sistem Pemantau dan Pengendali Kendaraan Menggunakan Raspberry Pi dan Firebase. Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (KNASTIK 2016) .

Downloads

Published

2019-07-10