INTERNET OF THINGS (IoT) KONTROL LAMPU RUMAH MENGGUNAKAN NODEMCU DAN ESP-12E BERBASIS TELEGRAM CHATBOT

Authors

  • Muntaha Nega
  • Erma Susanti
  • Amir Hamzah

Keywords:

Internet of Things (IoT), NodeMCU, ESP-12E, Telegram Chatbot

Abstract

INTISARI

Perkembangan teknologi saat ini di era globalisasi selalu berkembang semakin maju, manusia berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaru. Seperti saat ini. Internet of things (IoT) merupakan tren dunia masa depan yang perlu dikembangkan teknologinya, segala sesuatunya dibuat mudah dan ekonomis dengan menggunakan internet.

Terwujudnya konsep rumah pintar tentu membutuhkan koneksi antar perangkat agar dapat mengontrol dari jauh. Yang di maksud  koneksi dalam penelitian ini adalah perangkat device smartphone yang di dalamnya terdapat IM (Internet Messaging). Alat ini dirancang dengan menggunakan NodeMCU untuk mengatur kerja sistem, ESP-12E sebagai alat  penghubung internet ke smartphone, Relay sebagai alat penghantar arus listrik yang dihubungkan ke lampu, dan aplikasi Telegram chatbot yang sudah di-instal pada smartphone.

            Penelitian ini bertujuan mempermudah dalam mengontrol lampu yang ada di rumah dengan pengontrolan yang terpusat pada aplikasi Telegram tanpa menggunakan sakelar. Hasil penelitian pengontrolan lampu rumah dengan NodeMCU dan ESP-12E melalui aplikasi Telegram chatbot, jarak tidak berpengaruh pada sistem kinerja alat, yang membuat respons delay berbeda-beda dalam setiap jarak yang berbeda adalah perbedaan antar koneksi jaringan dan juga kualitas jaringan dari setiap lokasi yang berbeda.

References

Arfa, R. Rahmaningsih, D. Firmansyah, R. (2017). Universitas Gadjah Mada. Pendeteksi Ketinggian Airinteraktif Ddengan Aplikasi Telegram Berbasis Raspberry Pi.
Dewi, A. & Setiaji, B. 2014. “Pemanfaatan Sentence-Similarity Measurement untuk Proses Pencarian Pola pada Chatbot Berbasis Pattern-Matching,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014,ISSN : 2302-3805, 8 Februari 2014.
Fatoni, A., Nugroho, D. D., & Irawan, A. (2015). Rancang Bangun Alat Pembelajaran Microcontroller Berbasis Atmega 328 di Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO , 10-18.
Kurniawan, Unang Sunarya dkk. (2018). D3 Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Internet of Things : Sistem Keamanan Rumah berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger, 1-15.
Omsetgo, 09 Oktober 2018, Apa itu Chatbot-Bagaimana cara kerjanya HYPERLINK "https://www.omsetgo.com/case-study-blog/2018/1/29/apa-itu-chatbot-bagaimana-cara-kerjanya" https://www.omsetgo.com/case-study-blog/2018/1/29/apa-itu-chatbot-bagaimana-cara-kerjanya
Rachman, M. N. (2017). Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama Surabaya. Sistem Pemantau & Pengendalian Rumah Cerdas Menggunakan Infrastruktur Internet Messaging.
Sri Wiwoho Mudjanarko, S. W. (2017). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah X (ATPW), Surabaya, ISSN : 2301-6752, 05 Agustus 2017. Pemanfaatan Internet Of Things (IoT) Sebagai Solusi Manajemen Transportasi Kendaraan Sepeda Motor.
Utomo, D. Sholeh, M. & Avorizano, A. (2017). Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Membangun Sistem Mobile Monitoring Keamanan Web Aplikasi Menggunakan Suricata dan Bot Telegram Channel.

Downloads

Published

2019-07-10