SISTEM MANAJEMEN OBJEK WISATA PEMANCINGAN DAN PEMETAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB DI KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Ryzka Rahmawati
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Amir Hamzah

Keywords:

Wisata, Pemancingan, Kabuptaen Semarang, SIG

Abstract

Wisata adalah suatu kegiatan perjalanan melakukan kunjungan ke suatu tempat untuk menikmati objek dan daya tarik wisata. Saat ini terdapat berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati oleh masyarakat. Salah satu wisata minat khusus yang dapat dinikmati serta berpotensi untuk dikembangkan adalah wisata pemancingan. Wisata Pemancingan di Kabupaten Semarang memiliki berbagai fasilitas pendukung wisata seperti sarana bermain anak, hiburan, outbond, saung restoran dan areal parkir. Fasilitas tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk melakukan kunjungan ke wisata pemancingan di Kabupaten Semarang. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah data pemancingan yang diperoleh dari tempat pemancingan di Kabupaten Semarang. Metodologi yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi. Sistem Wisata Pemancingan ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, basis data MYSQL, web server Apache, text editor Sublime Text. Sistem Wisata Pemancingan ini dibangun berbasis website, digunakan untuk pengolahan data untuk 3 aktor yaitu admin, owner, dan user. Sistem ini menggunakan basis data yang terintegrasi dengan sistem pemetaan SIG serta membantu pengguna dalam mendapatkan informasi lokasi pemancingan di Kabupaten Semarang.

References

(2019, Januari 17). Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang : https://semarangkabupaten.bps.go.id
Aklis, M. (2018). Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web Pada Mahardika Tour Kudus. eprints, 18.
Hamidi. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah . 14.
Lubis, M. A., Murni, I., & Aisyara, D. (2015). Penggunaan Sistem Informasi Geografis Menumbuhkan Keinginan Perjalanan Wisata. Jurnal Ipteks Terapan, 10.
Yuwono, B., Aribowo, A. S., & Setyawan, F. A. (2015). Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Untuk Pariwisata Di Daerah Magelang. Semnasif, 7.

Downloads

Published

2019-07-10