MEMBANGUN SISTEM INFORMASI MAHASISWA INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA MENGGUNAKAN LAVRAVEL SEBAGAI FRAMEWORK

Authors

  • Zul Fahmi Husein
  • Muhammad Sholeh
  • Dina Andayati

Keywords:

Sistem Informasi Mahasiswa, Metode Waterfall, Laravel.

Abstract

Perguruan Tinggi sebagai satuan penyelenggara pendidikan tinggi, wajib memiliki peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa dan tenaga pendidik disebut dosen kemudian perguruan tinggi sebagai lembaga penyelenggara berkewajiban membuat sistem yang akan berjalan pengelolaan dosen, mahasiswa, dan lembaga penyelenggara. Ketiga unsur tersebut harus bersinergi melalui manajemen kualitas terpadu, agar diperoleh kualitas pendidikan yang baik serta mampu bersaing di tingkat regional dan global. Pada penelitian ini pengelolaan mahasiswa pada perguruan tinggi berkembang yakni Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menjadi topik penelitian. Dalam pelaksanaan peguruan tinggi wajib mencatat dan mengarsipkan aktivitas dan data dari mahasiswa baik di bidang akademik maupun non-akademik. Ironinya, pengelolaan data mahasiswa di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta masih diarsipkan dalam bentuk digital dan fisik. Prengolahan data dari aktivitas mahasiswa seperti data kompetisi, beasiswa, dan rekrutmen masih diarsipkan dalam bentuk fisik, tentu akan menjadi persoalan ketika arsip tersebut akan dibuka kembali, akan butuh waktu untuk mencari arsip dalam bentuk kertas yang sudah tersusun rapi dalam lemari.

Dalam membangun Sistem Informasi Mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta peneliti menggunakan metode waterfall dan Laravel sebagai framework sistem. Metode waterfall terbagi menjadi lima tahap dalam penelitian ini antara lain: analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan sistem, pengujian sistem, dan implementasi. Sedangkan penggunaan Laravel sebagai framework sistem karena Laravel adalah framework dengan pendekatan Object-Oriented-Programming yang sangat membantu dalam penulisan kode secara struktural. Juga Laravel memiliki pengembangan web aplikasi dengan arsitektur Model-View-Controller(MVC). Arsitektur MVC menawarkan konsep yang sederhana lewat Model sebagai back-end, View sebagai front-end, dan Controller sebagai penghubung antara Model dan View.

Sistem yang dihasilkan pada penelititan ini adalah sistem yang mengelola data mahasiswa, prestasi, beasiswa, dan rekrutmen – kemudian disebut Sistem Informasi Mahasiswa. Spesifikasi pengolahan data pada penelititan ini  Pemberian hak akses pada sistem terbagi menjadi tiga jenis yakni Master, Admin, dan User.

References

Abidin, T., & Wiyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Kemahasiswaan (Studi Kasus: Program Studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama Tegal). Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 30-36.
Bean, M. (2015). Laravel 5 Essentials. Livery Place: Packt Publishing Ltd.
Kurniadi, D. (2014). Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP) (Studi Kasus: AMIK Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah Manajemen dan Teknik Informatika, 1-16.
Munir, S., Adidaya, W., Riansyah, E., & Sasmita, H. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK MVC PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TERPADU NURUL FIKRI. Jurnal Informatika Terpadu, 1-8.

Downloads

Published

2019-07-10