PERBANDINGAN KINERJA VIDEO STREAMING PADA WEBSITE VIU.COM, DRAKOR.ID, DAN INDOXX1.COM MENGGUNKAN PARAMETER QUALITY OF SERVICE (QOS)

Authors

  • Mahendra Arifar Diwan Wiguna
  • Edhy s
  • Rr. Yuliana Rachmawati

Keywords:

Quality of Service (QoS), Wireshark, Video Streaming

Abstract

Video streaming adalah istilah yang sering digunakan saat melihat video di internet melalui browser pengguna tidak perlu mengunduh file video tersebut untuk dapat memutarnya. Dengan teknologi video streaming ini, pengguna tidak perlu menunggu hingga file selesai diunduh secara keseluruhan untuk memainkannya. Banyaknya kebutuhan video streaming yang digunakan oleh pengguna menuntut adanya perhatian khusus pada kualitas Quality of Service (QoS) suatu website yang menyediakan layanan tersebut karena pengguna menghendaki kualitas layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Bahan yang digunakan dalam penelitian ini berupa teori, konsep, dan pustaka hasil-hasil penelitian sebelumnya yang relevan, serta data tentang website viu.com, drakor.id, dan indoxx1.com. Metodologi yang digunakan dalam penelian ini adalah metode observasi dan studi pustaka. Dalam mengambil data parameter QoS pada website dengan menggunakan aplikasi wireshark.

Hasil yang diperoleh adalah Nilai video streaming sangat baik ukuran 360 pixel dengan parameter jitter pada website drakor.id, delay pada website indoxx1.com, packet loss pada website viu.com, drakor.id dan indoxx1.com, dan parameter throughput pada website viu.com. Nilai video streaming sangat baik ukuran 720 pixel dengan parameter jitter pada website viu.com, delay pada website drakor.id, packet loss pada website viu.com, drakor.id dan indoxx1.com, dan parameter throughput pada website viu.com.

References

Wulandari, R. 2016. Analisis QoS (Quality Of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Hal 162-172. Vol 2. No 2.
Pranata, Y.A., Fibriani, I., Utomo, S.B. 2016. Analisis Optimasi Kinerja Quality Of Service Pada Layanan Komunikasi Data Menggunakan NS-2 di PT. PLN (PERSERO) Jember. Jurnal SINERGI. Hal 149-156. Vol 20. No 2. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Jember.
Wulandari, P., Soim, S., Rose, M. 2017. Monitoring Dan Analisis QOS (Quality Of Service) Jaringan Internet Pada Gedung Kpa Politeknik Negeri Sriwijaya Dengan Metode Drive Test. Jurnal Prosiding SNATIF Ke 4 Tahun 2017. Hal 341-347. Program Studi Teknik Telekomunikasi. Jurusan Teknik Elektro. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Utomo, B.P. 2013. Analisis Quality Of Service Pada Live Streaming Dengan Variabel Bandwith. Skripsi Program Studi Teknik Informatika S1, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Jaromil. 2012. Video streaming a research on current technologies. The Netherlands : Nederlands Institute voor Mediakunst.

Downloads

Published

2019-07-10