PENDETEKSI DINI KEBOCORAN PADA TABUNG GAS MENGGUNAKAN SENSOR MQ-6 BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Dias Persada
  • Dina Andayati
  • Erfanti Fatkhiyah

Keywords:

Arduino, gas LPG, Sensor MQ-6, Mikrokontroler

Abstract

Gas LPG (Liquified Petroleum Gas) yang memiliki komponen berupa propana dan butana saat ini memiliki peranan yang penting untuk masyarakat dalam rumah tangga maupun industri. Namun demikian ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan gas LPG ini dalam segi keselamatan. Hal ini karena gas mudah menguap dan ada kemungkinan bocor yang akan sangat rawan untuk menimbulkan bahaya ledakan maupun kebakaran. Alat pendeteksi dini kebocoran gas merupakan upaya yang sangat tepat dalam menangani pendeteksi dini kebocoran gas pada LPG guna meminimalisir kejadian tersebut.

Penelitian ini dirancang menggunakan purwarupa sistem yang berfungsi sebagai simulasi jika terdapat kebocoran gas di suatu ruangan dengan memanfaatkan sensor MQ-6 yang mendeteksi kandungan gas LPG  pada ruangan. Cara kerja alat ini yaitu, apabila terdapat kebocoran gas maka sensor MQ-6 tersebut akan mendeteksinya kemudian  mengirimkan data ke mikrokontroler pada arduino dalam bentuk data analog. Apabila nilai kandungan gas melebihi batas yang sudah ditentukan maka mikrokontroler pada arduino akan memberikan respon berupa menyalakan kipas disertai pengiriman pesan kepada nomor yang  sudah ditentukan di dalam program.

References

A. Z. (2011). Pengenalanan Arduino. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Akhwandi, D., & Yudhana , A. (2017). Sistem Penyegaran Ruangan dari Asap Rokok dan Gas Lpg Berbasis Mikrokontroler A2tmega 8535. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Boni, P. (2011). Prototipe Sistem TelemetriBerbasis Sensor Suhu dan Sensor Asap untuk Pemantau Kebakaran Lahan. 11.
Dodon, Y. (2017). PERANCANGAN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN RUMAH PENDUDUK PADA DAERAH PERKOTAAN BERBASIS MIKROKONTROLER.
Kadir, A. (2012). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontoler dan Pemograman Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi.
Nofriyeldi, A. (2017). Rancangan Alat Pendeteksi Gas Metan Dalam Tambang Batu Bara Berbasis Arduino UNO. Padang: Politeknik Negri Padang.
Republika. (2018, January 17). Republika. Retrieved Agustus 3, 2018, from Republika: https://www.republika.co.id/berita/koran/ekonomi-koran/17/01/18/ojz2k5-konsumsi-elpiji-meningkat
Yudha, A. (2016). SISTEM PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID

Downloads

Published

2019-07-10