SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CALON PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

Authors

  • Arum Puspita Sari
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Rosalia Arum Kumalasanti

Keywords:

Beasiswa, sistem, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting

Abstract

Beasiswa dapat dianggap sebagai pendanaan yang tidak bersumber dari pendanaan sendiri atau orang tua, tetapi diberikan oleh pemerintah, perusahaan swasta, kedutaan, universitas, dan lembaga pendidik atau peneliti, atau juga dari kantor tempat kerja adalah karena prestasi seorang karyawan dapat diberikan kesempatan untuk  meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan.

Metode sistem  pendukung keputusan untuk  multikriteria termasuk pembobotan aditif sederhana. Metode ini termasuk kriteria penilaian proses mulai dari pembobotan kriteria untuk menentukan bobot bobot setiap indikator dan kemudian penjabaran tujuan strategis ke dalam indikator kinerja. Berdasarkan indikator tertimbang dapat menghasilkan bobot alternatif untuk menentukan nilai tertinggi dari alternatif yang tersedia dalam hal ini akan memberikan rekomendasi penerima beasiswa sebagaimana yang diharapkan.

Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Pendukung Keputusan untuk penentuan penerima beasiswa di IST AKPRIND Yogyakarta metode yang memfasilitasi panitia seleksi dalam proses data pelamar dan menentukan urutan prioritas penerima.

References

Aeroyid. (2014, Januari 16). (Metode)Simple Additive Weighting SAW. Retrieved November 11, 2015, from Aerdy Four Blog: https://aeroyid.wordpress.com/2014/01/16/metodesimple-additive-weighting-saw/
Hidayati, N. (2016). Analisa Penerimaan Dosen Baru Dengan Menggunakan SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING). Jurnal Transformatika, 12-17.
Putra, S. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan
Metode Simple Additive Weighting. Yogyakarta: IST AKPRIND.
Qurniawan, R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerima Bantuan Dana Usaha Kecil Menengah (UKM) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Yogyakarta: IST AKPRIND.
Sholikhah, F., Satyareni, D. H., & Anugerah, C. S. (2016). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Bravo Supermarket Jombang. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 40-50.

Downloads

Published

2019-07-10