PROTOTIPE RECLOSER SEBAGAI PENGAMAN ARUS BOCOR

Authors

  • Muhammad Zainal Muhtam
  • Wiwik Handajadi
  • Beny Firman

Keywords:

Arus Bocor, Recloser, Proteksi

Abstract

Listrik adalah sebuah sumber energi yang harus terpenuhi dengan baik seiring perkembangan teknologi. Dalam operasi sistem tenaga listrik sering terjadi gangguan – gangguan yang dapat mengakibatkan terganggunya penyaluran tenaga listrik ke konsumen. Yang dimana seharusnya penyaluran tenaga listrik ke konsumen harus berlangsung secara kontinuitas/terus – menerus. Tetapi pada kenyataannya penyaluran tenaga listrik ke konsumen masih belum maksimal, itu terjadi karena masih terdapat banyak gangguan pada penyaluran tenaga listrik ke konsumen khususnya pada jaringan distribusi. Dari persoalan tersebut maka perlu adanya peralatan proteksi yang dapat digunakan untuk menjaga kestabilan penyaluran saat terjadi gangguan, baik gangguan temporer maupun permanen. Untuk itu, penulis berusaha merancang sebuat alat “prototipe recloser sebagai pengaman arus bocor” yang dapat bekerja secara auto reclose saat terjadi gangguan temporer maupun permanen. Setelah dilakukan perancangan dan pengujian maka dilakukan evaluasi mengenai kerja alat. Dimana salah satunya dengan cara membandingkan hasil pembacaan pada alat ukur dan hasil pembacaan alat pada saat terjadi gangguan arus bocor, untuk selisih rata – rata pembacaan error tersebut adalah sebesar 0,01%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia. (2005). Analisis arus bocor pada isolator suspensi terkontaminasi berat pada suhu diatas suhu kamar dan tegangan berfluktuasi, 3.
Aziz, F. (2009). Analisis hubung singkat asimetris pada kelistrikan sulawesi selatan dan barat dengan menggunakan Electrical Transient Analyzer Program (ETAP), 20.
Bono, K. H. (2005). Analisa penggunaan recloser 3 phasa 20 KV untuk pengaman arus lebih pada SUTM 20 KV sistem 3 phasa 4 kawat di PT. PLN (PERSERO) APJ SEMARANG, 1-2.
Dahlan, M. (2008). Akibat ketidakseimbangan beban terhadap arus netral dan losses pada transformator distribusi, 3-4.
Malik,Alwi (2013). Prototipe Recloser. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Maxtrada, B. (2008). Pengaruh ketidakseimbangan beban antara fasa - fasa dengan fasa - netral terhadap hasil pengukuran, 10-13.
Nugroho, W. T. (2016). Prototipe Recloser Berbasis Aduino Uno. Yogyakarta: Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Nurhaida. (2010). Perancangan pemutus rangkaian arus bocor ke tanah tiga fasa, 1-5.
Silaban, A. (2009). Studi tentang penggunaan recloser pada sistem jaringan distribusi 20 KV. MEDAN: UNIVERSITAS SUMATERA UTARA.
William D. Stevenson, J. (1984). Power System Analysis. Carolina: North Carolina State University.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Muhtam, M. Z., Handajadi, W., & Firman, B. (2019). PROTOTIPE RECLOSER SEBAGAI PENGAMAN ARUS BOCOR. Jurnal Elektrikal, 5(1), 81–88. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2577

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>