IMPLEMENTASI TRIAC SEBAGAI KENDALI ATS (Automatic Transfer Switch)

Authors

  • Nur Arif
  • Sigit Priyambodo
  • Syafriyudin Syafriyudin

Keywords:

Automatic Transfer Switch (ATS), Triac, Transformator, Tegangan

Abstract

Automatic Transfer Switch (ATS) merupakan saklar otomatis yang dapat memindahkan sumber daya listrik, dari sumber daya listrik utama PLN ke sumber daya listrik cadangan Genset maupun sebaliknya. Sebagaimana diketahui sumber daya listrik utama PLN tidak selamanya kontinyu dalam penyaluranya, suatu saat dapat terjadi pemadaman yang disebabkan adanya gangguan pada sistem pembangkitan, jaringan transmisi maupun distribusi. Untuk mengantisipasi pemadaman tersebut perlu didesain kontrol otomatis berupa ATS. Dalam penelitian ini dirancang dan dibangun sebuah ATS dengan komponen pensaklaran berupa Triac dan memanfaatkan Transformator CT step down 500mA sebagai deteksi tegangan antara kedua sumber daya listrik. Setelah dilakukan pengujian perangkat ATS ini dapat mengukur nilai tegangan dengan akurasi rata-rata 98,78% untuk pembacaan nilai tegangan PLN, dan 97,70% untuk pembacaan nilai tegangan Genset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreas Alberth, Lily, Patras dan Fielman. 2016. Rancang Bangun Sistem Fleksible ATS (Automatic Transfer Switch) Berdasarkan Perubahan Arus Pasa Instalasi Listrik Kapal Berbasis Microcontroler. Manado : E-Journal Teknik Elektro. Vol. 5, No. 2.
Ardi Bawono Bimo, Hari Santoso dan Soemarwanto. 2007. Rancang Bangun Automatic Transfer Switch Pada Motor Bensin Generator-set 1 Fasa 2,8 kw 220 Volt 50 Hertz. Surabaya : Jurnal EECCIS. Vol. 1, No. 1.
Eko Susanto. 2013. Automatic Transfer Switch (Suatu Tinjauan). Semarang : Jurnal Teknik Elektro. Vol. 5, No.1.
Hendro Utomo, Agung Sandowo dan Sri Ratna. 2014. Implementasi Automatic Transfer Switch Berbasis PLC Pada Laboratorium Teknik Elektro Universitas Lampung. Bandar Lampung : Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro. Vol. 8, No. 1.
Utis Sutisna, Karyono dan Siswanto Nurhadiyono. 2015. Perancangan Saklar Pemindah Otomatis Pada Instalasi Genset Dengan Parameter Transisi Berupa Arus Berbasis Mikrokontroler Atemega16. Purwokerto : Jurnal Teknik. Vol. 16, No. 2. Hal. 70 – 78.
Wandi Perdana, Tohari dan Sabari. 2013. Power Switching Pada Automatic Transfer Switch Dalam Menjaga Keandalan Power Supply Yang Dicatu Dari PLN dan Genset. Tegal : No.9 tersedia diwww.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/powerelektro/article.com Diakses pada tanggal 12 Juni 2017.
Zamtinah, Djoko Laras, Herlambang dan Didik Harianto. 2009. Unit Automatic Main Failure (AMF) Power System Sebagai Sarana Up-dating Kompetensi Guru-guru Smk Jurusan Teknik. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan. No.1.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Arif, N., Priyambodo, S., & Syafriyudin, S. (2019). IMPLEMENTASI TRIAC SEBAGAI KENDALI ATS (Automatic Transfer Switch). Jurnal Elektrikal, 5(1), 46–53. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2573

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>