PENGARUH PENGGUNAAN PENGHANTAR AAAC-S TERHADAP SENSITIVITAS SISTEM PROTEKSI PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV

Authors

  • I Gusti Ngurah Gede Oka Purnawan
  • Slamet Hani
  • Subandi Subandi

Keywords:

AAAC-S, tegangan flashover, tegangan tembus

Abstract

INTISARI

Isolasi memiliki peran yang sangat penting dalam sistem tenaga listrik. Dengan adanya isolasi, pemanfaatan energi listrik menjadi sangat aman bagi lingkungannya. Namun dalam penggunaannya harus sesuai dengan tegangan operasionalnya. Salah satu material kelistrikan yang mengandung komponen isolasi adalah penghantar AAAC-S. Struktur penghantar ini terdiri dari kawat Aluminium dipilin yang berinti banyak dan isolasi berbahan polietilen ikat silang.

Untuk mengetahui spesifikasi dari penghantar ini, selanjutnya dilakukan pengujian dimensi dan pengujian tegangan. Pengujian tegangan dibagi menjadi dua yaitu pengujian tegangan flashover dan pengujian tegangan tembus. Pengujian tegangan flashover dimaksudkan untuk mengetahui nilai tegangan yang mampu menimbulkan lompatan elektron melalui permukaan isolasi. Sedangkan pengujian tegangan tembus dimaksudkan untuk mengetahui nilai tegangan yang mampu merusak dan menembus isolasi hingga ke permukaannya.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui dimensi dari penghantar memenuhi standar sedangkan dari segi tegangan perlu dilakukan evaluasi tentang pengoperasiannya pada jaringan distribusi 20 kV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismunandar, A. 1994. Teknik Tegangan Tinggi. Jakarta: Pradnya Paramita.
Kurniawan, Hery. 2013. Pengujian Tegangan Tembus dan Tegangan Kritis Pada Kabel NYFGbY Tegangan Rendah 4x16 mm². Skripsi. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Pambudi, Prastyono Eko dkk. 2012. Pengujian Tegangan Kritis dan Tegangan Tembus Pada Kabel NYFGbY Tegangan Rendah (Low Voltage) 3x25 mm. Jurnal Teknologi. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
PT. PLN (Persero). 1981. SPLN 41-8:1981 Hantaran Aluminium Campuran. Jakarta : Perusahaan Umum Listrik Negara.
PT. PLN (Persero). 1991. SPLN 41-10:1991 Penghantar Aluminium Paduan Berselubung Polietilen Ikat Silang (AAAC-S). Jakarta : Perusahaan Umum Listrik Negara.
PT. PLN (Persero). 2008. Teknik Tenaga Listrik. Semarang : PT. PLN (Persero) Udiklat Semarang.
Putra, Novaria Panca. 2012. Analisis Pengujian Tegangan Tembus dan Flashover Pada Isolasi Karet. Skripsi. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Waskito, Hari dkk.2013. Perancangan Instalasi Listrik Aplikasi Sistem Pemilihan Kabel dan Pemutus pada Proses Pengeboran Minyak dan Gas di Daerah “X”. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional.
https://tugassemester4blog.wordpress.com/2014/05/24/4-relay/
http://www.electronics-tutorials.ws/transformer/current-transformer.html
http://www.esitas.com.tr/id/urundetay.aspx?ID=14

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Purnawan, I. G. N. G. O., Hani, S., & Subandi, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN PENGHANTAR AAAC-S TERHADAP SENSITIVITAS SISTEM PROTEKSI PADA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV. Jurnal Elektrikal, 3(1), 78–85. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2484