Penentuan Perubahan Ketinggian Air Laut Pada Formasi Baturaja Berdasarkan Analisis Foraminifera Bentonik

Authors

  • Elisabet Dwi Mayasari Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Stevanus Nalendra Jati Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya
  • Rudyanto Thayib Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya

Keywords:

Formasi Baturaja, Bentos, Muka Air Laut

Abstract

Formasi Baturaja yang terletak di Cekungan Sumatera Selatan merupakan formasi yang memiliki kekhasan pada litologi penyusunnya. Formasi yang disusun oleh litologi batugamping ini memiliki kelimpahan fosil foraminifera baik planktonik maupun bentonik. Penelitian yang dilakukan di sepanjang Sungai Rembangnia, Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan ini menggunakan 12 sampel batugamping untuk menentukan lingkungan pengendapannya menggunakan fosil foraminifera bentonik. Hal ini dilakukan untuk menentukan pola kenaikan muka air laut pada Kala Miosen Awal, dimana pada kala tersebut Formasi Baturaja mulai terendapkan. Metode yang digunakan adalah analisis-interpretatif, yaitu berdasarkan hasil analisa dari sampel yang diambil kemudian dilakukan interpretasi pola kenaikan muka asir lautnya. Hasil dari analisa foraminifera bentonik ini menunjukkan pola kenaikan muka air laut yang relatif konstan selama fase pengendapan Formasi Baturaja.

References

Barker, R. W., 1960, Taxonomic Notes: Soc. Econ. Paleon. and Mineral, Special publication, no. 9, Tulsa, Oklahoma, USA, p. 238.

Boggs, S., 1992, Petrology of Sedimentology and Stratigraphy, Merrill Publishing Company: pp. 366, Toronto, Canada.

De Coster, 1974, The Geology of Central Sumatra and South Sumatra Basin. Proceedings, The 3rd Indonesian Petroleum Association (IPA) Annual Convention & Exhibition, Jakarta, p.77-110.

Dilianti, Nabila, 2020, Pola Transgresi Dan Regresi Formasi Baturaja Dan Formasi Gumai Berdasarkan Foraminifera Bentonik, Daerah Bandar Jaya Dan Sekitarny, Laporan Skripsi Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Tidak Dipublikasi).

Mayasari, Elisabet Dwi dan Harnani, 2015, Studi Lingkungan Pengendapan Formasi Baturaja Berdasarkan Kandungan Fosil Foraminifera Bentos Daerah Baturaja Sumatera Selatan, Laporan Akhir Penelitian Dosen Muda Sateks Universitas Sriwijaya (Tidak Dipublikasi).

Roza, SEV dan Abdurrokhim, 2018, Penentuan Perubahan Ketinggian Air Laut Berdasarkan Analisis Foraminifera Bentonik, Seminar Nasional ke-II Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran .

Wardhana, Wisnu, 2003, Jurnal Penggolongan Plankton, Departemen Biologi FMIPA-UI, Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-17

Issue

Section

Articles