Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Saya dengan ini menyatakan bahwa penyerahan ini adalah pekerjaan saya sendiri,
  • Naskah ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam publikasi ilmiah lain dan tidak sedang dalam proses review pada publikasi ilmiah lainnya.
  • Naskah yang diserahkan telah ditulis menggunakan Microsoft Word (.doc / .docx).
  • Abstrak sudah ringkas dan tidak melebihi 300 kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Struktur naskah sudah terdiri: Pendahuluan, Tata Kerja/Metodologi/Pokok Bahasan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.

Author Guidelines

Petunjuk Penulis

TEKNOMINERAL, merupakan jurnal penelitian dengan ruang lingkup geologi, sumberdaya energi dan mineral, geofisika, pertambangan, geoheritage, geowisata, managemen kebencanaan dan lingkungan. Jurnal Teknomineral terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober.

Secara elektronik, jurnal ini dapat diakses melalui laman https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/teknomineral

 

Ruang Lingkup

Naskah yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu Kebumian dengan ruang lingkup: geologi, sumberdaya energi dan mineral, geofisika, pertambangan, geoheritage, geowisata, managemen kebencanaan dan lingkungan.

 

Naskah

Naskah merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan. Naskah harus mengikuti pedoman penulisan sebagai berikut:

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan format sesuai dengan Kerangka Artikel yang terdapat pada laman Teknomineral. Jumlah halaman maksimal 15 termasuk gambar dan tabel.
  2. Gambar dan tabel pada naskah harus terlihat jelas dengan ukuran lebar antara 8,0 cm; 16,5 cm; atau 24,0 cm. Hindari gambar dan tabel dengan ukuran file yang besar. Setiap ilustrasi harus tergambar dengan jalas dan diberi keterangan.
  3. Unit SI menggunakan metrik.
  4. Penulis bertanggungjawab penuh atas naskah. Penyebutan secara rahasia tidak akan dipublikasikan.
  5. Jurnal hanya menerima naskah yang belum dipublikasikan, orisinil, dan hak klaim pertama dalam penerbitan.
  6. Naskah harus disusun dalam urutan sebagai berikut: [a] Judul; [b] Nama Penulis dan Afiliasinya; [c] Abstrak (tidak lebih dari 200 kata) dan Kata Kunci (3 - 5 kata); [d] Pendahuluan; [e] Metode, teknik, bahan penelitian dan deskripsi wilayah; [f] Hasil; [g] Diskusi; [h] Kesimpulan; [i] Ucapan terimakasih; [j] Referensi; [k] Tabel; [l] Keterangan gambar.

 

Format Naskah:

  1. JUDUL, ditulis dengan huruf kapital berukuran 14, posisi di tengah.
  2. NAMA PENULIS, ditulis 2 spasi di bawah judul dengan ukuran huruf 10.
  3. ALAMAT/UNIT KERJA/ALAMAT E-MAIL, ditulis di bawah nama penulis dengan ukuran huruf 10.
  4. ABSTRAK, dilengkapi 3-5 kata kunci dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 200 kata berisi ringkasan: masalah, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.
  5. PENDAHULUAN, memuat latar belakang, ruang lingkup, dan tujuan.
  6. TEORI, bila diperlukan.
  7. (A) TATA KERJA/METODOLOGI untuk karya ilmiah hasil penelitian; (B) POKOK BAHASAN untuk karya ilmiah hasil pengkajian.
  8. HASIL DAN PEMBAHASAN, hasil disusun secara rinci memuat data berupa tabel dan gambar, sedangkan pembahasan hasil yang diperoleh dibahas berdasarkan konsep dasar atau hipotesis.
  9. KESIMPULAN, berisi simpulan hasil penelitian dan saran dapat dimasukan.
  10. DAFTAR PUSTAKA, dituliskan dari atas ke bawah disusun urut abjad huruf pertama dari nama akhir penulis sesuai aturan.

 

Pengutipan Referensi/Pustaka

Semua kutipan referensi yang dibuat dalam teks publikasi harus ditampilkan sebagai daftar referensi yang mengikuti teks. Sumber referensi ditunjuk dengan menuliskan di dalam kurung memuat nama akhir penulis dan tahun penerbitan. Naskah harus diperiksa dengan seksama untuk memastikan bahwa kutipan di dalam teks telah lengkap.

Dalam Daftar Pustaka, nama penulis dan semua penulis pendamping yang terlibat harus dituliskan.

Referensi di dalam Daftar Pustaka harus diurutkan berdasarkan urutan referensi di dalam teks.

Daftar pustaka hanya yang dikutip dalam makalah dan sebaliknya, minimal 5 (lima) pustaka dalam terbitan 10 tahun terakhir. Daftar pustaka diutamakan merujuk ke jurnal / prosiding (hasil publikasi penelitian). Tidak dibenarkan menggunakan Daftar Pustaka dari sumber di internet, kecuali yang bersifat official.

Daftar Pustaka dituliskan, dari atas ke bawah disusun urut abjad huruf pertama dari nama akhir penulis. Dari kiri ke kanan dituliskan dengan urutan sebagai berikut:

Buku: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul buku, jilid, edisi, nama penerbit, kota.

Majalah: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul tulisan, nama majalah, edisi, nama penerbit, kota.

Jurnal/prosiding: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), judul tulisan, nama jurnal / seminar, volume / tanggal seminar, nomor halaman.

TA/Tesis/Disertasi: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat), tahun, judul TA / Tesis / Disertasi, Nama Universitas.

Handbook / Engineering Standard/ Dokumen Pemerintah: nama akhir penulis, nama awal (disingkat), nama tengah (disingkat) atau nama organisasi, tahun, judul handbook / engineering standard / dokumen permerintah, penerbit, kota. 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.