Karakteristik Columnar Joint Pada Lava Andesit Berdasarkan Analisis Petrografi Desa Tumpuk, Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur

Authors

  • Natalia Sharlota Kuhuela Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222
  • Miftahussalam Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222
  • Dwi Indah Purnamawati Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222

Keywords:

petrografi, columnar joint, lava andesit, Pule

Abstract

Daerah penelitian secara administratif terletak di Desa Tumpuk, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Secara astronomi daerah penelitian terletak pada posisi 08002’30’’-08007’30’’LS dan 111030’00’’-111035’00’’BT. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik columnar joint pada lava andesit berdasarkan analisis petrografi. Metode yang digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, pengambilan data lapangan dan analisis laboratorium yakni analisis petrografi untuk mengetahui kandungan mineral serta struktur khusus pada batuan untuk mengetahui karakteristik serta petrogenesa columnar joint pada daerah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, karakteristik columnar joint pada daerah penelitian memiliki tipe colonnade dengan analisis komposisi mineral dan arah sebaran aliran lava menuju ke segala arah ini mencirikan bahwa sumber erupsinya berada di sekitar terbentuknya columnar joint.

References

Pratama, A. dan Hakim F. 2013. Karakteristik Kekar Tiang Pada Lava Andesit Daerah Randubang, Wonogiri, Jawa Tengah. Geo Research HMTG Annual Proceeding 2012-2013. Publikasi Khusus. Departemen Penelitian Dan Pengembangan HMTG UGM

Dwiki, MGS. 2017. Geologi Dan Petrogenesa Columnar Joint Berdasarkan Analisis Petrografi Pada Curug Putri Di Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Tidak Dipublikasikan.

Galena, T. 2019. Geologi Dan Analisis Pengaruh Kandungan Mineral Pada Lava Andesit Terhadap Sifat Keteknikan Batuan Di Desa Sukokidul Dan Sekitarnya Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Hamada, A., &Toramaru, A., 2012. Factors Controlling Entrablature Formation in Columnar Joints: Suggestions From The Analogue Experiments. Japan Geoscience Union Meeting 2012. Chiba Japan.

Hetenyi, G., Taisne, B., Garel, F., Medard, E.,Bosshard, S., & Mattsson, H.B., 2011, Scales of columnar jointing in igneous rocks: field measurements and controlling factors. Bull Vulcanol (2012) 74:457-482, Springer-verlag 2011.

Downloads

Published

2021-10-15