Pengembangan Potensi Geowisata Pada Curug Gunung Putri, Daerah Cepedak, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Handy Bagus Wukir Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222
  • Dwi Indah Purnamawati Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222

Keywords:

Cepedak, geowisata, geologi, curug, Gunung Putri

Abstract

Curug Gunung Putri terletak di tengah hutan atau perkebunan dan tidak jauh dari jalan umum. Curug ini berada di Desa Cepedak dengan elevasi 550 mdpl. Curug Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan air yang cukup deras meluncur ke bawah, pemandangan yang sangat asri dikelilingi pepohonan serta udara yang sejuk. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan penilaian komprehensif, bahwa potensi pengembangan geowisata berbasis geoedukasi (pembelajaran geologi) pada Curug Gunung Putri, daerah Cepedak adalah 246,25 % (201 – 300 %), tergolong sedang.

References

Agustiyar F, 2021, Geowista :Objek Watu Kapal Sebagai Destinasi Geowisata di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Vol.17. No. 1 2021

Hermawan, Hary, 2017, Geowisata: Perencanaan Pariwisata Berbasis Konservasi Alam, SNIPTEK Nusa Mandiri, Bandung.

Pusat Survei Geologi, 2017a, Petunjuk Teknis Asesmen Sumberdaya Warisan Geologi, Badan Geologi, Bandung.

Pusat Survei Geologi, 2017b, Standar Teknis Inventarisasi Keragaman Geologi dan Identifikasi Warisan Geologi, Badan Geologi, Bandung.

Wukir, B H, 2021. Geologi Daerah Kambangan dan Sekitarnya Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Studi Kasus Pengembangan Potensi Geowisata Pada Curug Gunung Putri, Daerah Cepedak. Skripsi Sarjana Teknik Geologi, IST AKPRIND, Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-10-14