Analisa Geokimia Fluida Manifestasi Panasbumi di Permukaan Untuk Pendugaan Suhu Resevoir Berdasarkan Solute Geothermometer di Daerah Sidoharjo dan Sekitarnya Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Venny Ayu Syafriani Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222
  • Danis Agoes Wiloso Teknik Geologi-FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta 55222

Keywords:

manifestasi panas bumi, geokimia fluida, solute geothermometer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan geologi daerah penelitian dengan menganalisis geokimia fluida serta pendugaan suhu reservoir panasbumi berdasarkan kemunculan manifestasi panasbumi berupa Mataair Hangat Gabug dan Mataair Hangat Ngapus. Metode analisis data geokimia dilakukan dengan melakukan analisis kandungan geokimia di Mataair Hangat Ngapus dan Gabug untuk mengetahui tipe fluida, tingkat kematangan fluida, dan pendugaan suhu reservoir dengan metode solute geothermometer. Hasil analisis geokimia fluida pada Mataair Hangat Ngapus dan Mataair Hangat Gabug menunjukkan bahwa tipe fluida dari kedua mataair tersebut merupakan bikarbonat dengan konsentrasi HCO3 yang tinggi. Hasil perhitungan solute geothermometer menunjukan suhu reservoir panasbumi pada Mataair Hangat Ngapus berkisar pada suhu ± 241,53°C dan pada Mataair Hangat Gabug suhu reservoir panasbumi berada berkisar ± 288,96°C.

References

Anonim, 2017, Indonesia Energy Outlook 2017, Dewan Energi Nasional, ISSN 2527-3000, Jakarta

Direktorat Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, 2017, Potensi Panas Bumi Indonesia Jilid 1, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta.

Giggenbach, W. F., 1988, Geothermal Solute Equilibria. Derivation of Na-K-Mg-Ca geoindicators, Chemistry, Vol. 52, Elsevier, hal 2749-2765.

Saptaadji, N. 2012, Buku Teknik Panas Bumi. ITB Press. Bandung

Sumotarto, U, 2018. Eksplorasi Panas Bumi. Penerbit Ombak, Yogyakarta.

Thaden. R.E, Harli Sumadirdja, Paul W richards, 1996, Peta Geologi Regional Lembar, Magelang-Semarang, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Downloads

Published

2021-10-12