Karakteristik Hidrogeokimia dan Implikasinya Terhadap Kualitas Airtanah pada Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Aryo Nugroho Maulana Teknik Geologi - FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND
  • Miftahussalam - Teknik Geologi - FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND
  • Dwi Indah Purnawati Teknik Geologi - FTM, Institut Sains & Teknologi AKPRIND

Keywords:

Buaran, hidrogeokimia, Jepara, kualitas air

Abstract

Daerah Buaran berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara dalam Kecamatan Mayong dalam Angka 2017 menyebutkan bahwa daerah Desa Buaran memiliki jumlah penduduk sebanyak 6398 jiwa dan menduduki peringkat 4 dengan jumlah penduduk terbanyak. Semakin bertambahnya pertumbuhan penduduk, maka meningkatkan kebutuhan konsumsi air untuk bertahan hidup dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti air minum, memasak, irigasi, dll. Air dalam penggunaannya sehari-hari memiliki kriteria kualitas tersendiri yang berdasarkan atas sifat fisik, kimia dan biologi. Kajian hidrogeokimia diperlukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh batuan daerah penelitian terhadap kandungan kimia airtanah daerah tersebut dan implikasinya terhadap kualitas air minum yang telah diatur dalam Permenkes RI, dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu Metode Kurlov, Metode diagram Trilinier Piper, dan Metode diagram Stiff. Berdasarkan hasil pengujian laboratorium menunjukan bahwa Desa Buaran memiliki tipe air Alkali Bikarbonat dan Alkali Bikarbonat Klorida, dengan menggunakan Metode diagram Trilinier Piper didapatkan Tipe D (predominantly bicarbonate alkaline earth water with higher alkaline content). Pada diagram Stiff menunjukan ada beberapa kation dan anion yang naik dan turun yang disebabkan oleh kontak dengan batuan yang menjadi aquifer.

References

Anonim, 2010, Peraturan Menteri Kesehatan RI No.492 tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
Badan Pusat Statistik,2018, Kecamatan Mayong dalam Angka 2018, BPS Kab.Jepara, Jepara
Kurnia R, 2017, Kajian Hidrokimia Airtanah Bebas Di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Skripsi Sarjana Geografi dan Ilmu Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Maulana N A, 2019, Geologi dan Studi Analisis Karakteristik Hidrogeokimia Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Airtanah Daerah Buaran,Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Skripsi Sarjana Teknik Geologi, IST AKPRIND, Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Suharyadi, 1984, Diktat Kuliah: Geohidrologi (ilmu air tanah), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Todd, D. K., 1980, Groundwater, Hydrology. Wiley. New York.
Y.Kresna, 2018, Karakteristik Geokimia Airtanah Daerah Selogiri Dan Sekitarnya, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Skripsi Sarjana Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2019-10-28