Studi Fasies Dan Stratigrafi Batuan Karbonat Formasi Wonosari Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DIY

Authors

  • Didi Kurniawan Teknik Geologi-FTM, IST AKPRIND
  • Dina Tania Teknik Geologi - FTM, IST AKPRIND

Keywords:

Formasi Wonosari, fasies, lingkungan pengendapan

Abstract

Singkapan Formasi Wonosari di lokasi penelitian tersusun oleh batugamping berlapis wonosari. Tujuan melakukan penelitian untuk mengetahui fasies dan lingkungan pengendapan batugamping berlapis wonosari. Pada daerah telitian dapat disimpulkan berdasarkan interpretasi fasies terdapat empat fasies pengendapan yaitu : 1. Reef Core Massive dengan dicirikan litologi packstone, karakteristik perlapisan gradasi dan dijumpai bioclast (60%), Foraminfera dan Peleycypoda, Mikrit (10%), Sparit (30%) dan indeks energi V. 2. Reef Core Dish dengan dicirikan litologi packstone karakteristik perlapisan gradasi dan dijumpai bioclast (60%), algae, Foraminfera dan Peleycypoda setempat-tempat, Mikrit (10%), Sparit (30%) dan indeks energi V dan 3. Back Reef Lagoon Outer-Inner dicirikan oleh litologi wackstone dan mudstone. Mempunyai tiga stratigrafi batuan karbonat yang memiliki varian litologi berbeda pada bagian top, middle dan bottom dengan strukur sedimen perlapisan dengan dimensi lapisan yang cukup tebal khususnya pada daerah telitian yaitu Dusun Mujing, Dusun Ngrombo dan Dusun Ngalasombo.

References

Dunham, R. J. 1962. Classification of Carbonate Rocks According to Depositional Texture. The America Association of Petroleum Geologists Bulletin.
Embry, A. F. and Klovan, J. E., 1971, A late Devonia reef trect on northeastern Bank Island Northwest Territories. Bulletin Canadania Petroleum Geologists.
Pomar, L., Brandano, M., and Westphal, H., 2004, Environmental factors influencing skeletal-grain sediment associations: a critical review of Miocene examples from the Western-Mediterranean: Sedimentology, v. 51, p. 627–651.
Pumpley, W. J., et al., 1962, Sedimentary rocks, Harper and Brothers, New York.
Surono, B. Toha, dan Ign. Sudarno., 1992, Peta Geologi lembar Surakarta-Giritontro, Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles