PERANCANGAN JARINGAN DAN KEAMANAN FIREWALL PACKET FILTERING MENGGUNAKAN METODE TOP DOWN (Studi Kasus Asrama Mahasiswa J.C Oeavaang Oearay Kalimantan Barat)

Authors

  • Jacky Murdianto Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Prita Haryani Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Joko Triyono Program Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Perancangan, Jaringan, Firewall, Top-Down

Abstract

Asrama mahasiswa J.C Oeavaang Oearay Kalimantan Barat sebelumnya sudah mempunyai rancangan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network). Rancangan tersebut hanya dilengkapi dengan keamanan menggunakan validasi user dan password. Tentu saja hal ini kurang efektif karena pihak luar masih dapat mengakses jaringan dan tanpa keamanan yang lebih sangat rentan dengan pencurian data. Tujuan membuat rancangan jaringan dan keamanan firewall dengan menggunakan metode Top-Down adalah solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di asrama mahasiswa J.C Oeavaang Oearay Kalimantan Barat. Tahapan dengan metode Top-Down terdiri dari analisis kebutuhan, desain jaringan logika, desain jaringan fisik, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode PPDIOO karena dengan kebutuhan layanan jaringan yang semakin lengkap, maka dibutuhkan suatu metodologi yang mendukung perancangan arsitektur serta disain jaringan. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan firewall dan pengujian seperti tes Ping, Tracert, dan Mail Server. Hasil perancangan jaringan dan keamanan jaringan firewall di asrama mahasiswa J.C Oeavaang Oearay Kalimantan Barat berjalan dengan baik dan bisa dijadikan pedoman untuk diimplementasikan.

References

M. Syahrizal, Pengantar Jaringan Komputer, Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET, 2020.

G. T. Irawan, M. Djaohar and M. F. Duskarnaen, "Perancangan Dan Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Firewall dan Web Proxy Berbasis Mikrotik di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi," PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, pp. 27-32, 2018.

A. Darmianto, Yanto and Kartono, "PERANCANGAN SECURITY HAK AKSES DAN FIREWALL PADA TOPOLOGI JARINGAN," INTEKSIS, pp. 66-73, 2017.

R. Ocanitra and M. Ryansyah, "Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Firewall Security Port pada Vitaa Multi Oxygen," JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), pp. 52-59, 2019.

Y. Yanti and R. Effendi, "Analisa Sistem Keamanan Jaringan Komputer Firewall Menggunakan Shorewall Pada PT. Indofarma Global Medika," Jurnal TEKSAGRO, pp. 14-21, 2020.

Downloads

Published

2022-02-18