MEMBANGUN SISTEM PENGENDALI LAMPU MENGGUNAKAN JARINGAN WI-FI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Authors

  • Fadly Isnureza Sarwadyanto Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi Jurusan Bisnis Digital, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Prita Haryani Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Internet of things (iot); NodeMCU ESP8266; Blynk.

Abstract

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat sayang jika tidak memanfaatkannya dengan baik terutama dibidang internet, aplikasi dan komponen elektronika yang dahulu mungkin komponen sulit dijangkau untuk dimanfaatkan secara umum dikarenakan mempunyai nilai harga yang tinggi. Internet of things ( IoT) menggambarkan jaringan atau benda fisik yang tertanam dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya untuk keperluan menghubungkan atau bertukar data dengan perangkat lain melalui Internet. Dengan permasalahan tersebut memanfaatkan kemajuan teknologi internet yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dengan adanya koneksi wifi yang berkelanjutan menjadi media perantara mikrokontroler dengan konsep smart home berbasis internet of thing (iot) dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan purwarupa sebagai media untuk merealisasikannya dengan modul relay 4 channel serta lampu sebagai outputnya.Purwarupa tersebut menerapkan nodemcu esp8266 sebagai mikrokontroler dengan menanamkan sistem tertanam berupa bootloader menggunakan arduino IDE dan diambil data lalu analisis akurasi jarak jangkau, delay outputnya dan konsumsi data per bytes menggunakan wireshark.Dari data yang telah di analisa tersebut disimpulkan bahwa esp8266 menjangkau koneksi kurang dari 50m dari letak WAP dan delay terpengaruh oleh kualitas koneksi internet serta nodemcu esp8266 mengkonsumsi data lebih besar daripada app blynk.

References

Kusumaningrum, A., Pujiastuti, A., & Zeny, M. (2017). PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS PADA KENDALI LAMPU. Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta, vol.6,no.1, 53-59.

advanced ip scanner. (2021). Retrieved from advanced ip scanner: https://www.advanced-ip-scanner.com/

Arduino. (2021). Arduino. Retrieved from Arduino: arduino.cc

Blynk. (2021). BLYNK. Retrieved from blynk.io: https://blynk.io/

components101. (2021). 5V Four-Channel Relay Module. Retrieved from components101.com: https://components101.com/switches/5v-four-channel-relay-module-pinout-features-applications-working-datasheet

embeddednesia. (n.d.). Mengenal NodeMCU. Retrieved from embeddednesia.com: https://embeddednesia.com/v1/wp-content/uploads/2017/04/esp8266-nodemcu-dev-kit-v3-pins-700x540.jpg

Hidayat, T. (2019). Fungsi Access Point dalam Jaringan Internet, Penting Diketahui. Retrieved from DIREKTORAT SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI: https://unida.ac.id/teknologi/artikel/fungsi-access-point-dalam-jaringan-internet-penting-diketahui.html

Kusumaningrum, Anggraini; Pujiastuti, Asih dan Zeny, Muhammad. (2017). PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS PADA KENDALI LAMPU. COMPILER, Vol: 6, No: 1, Hal: 53 - 59.

Muhtajuddin Danny dan Wahyudi. (2018). Pemanfaatan Internet of Things (IOT) Pada Kendali Lampu. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, Vol. 9 No.2, Hal: 85 - 90.

Nugraha, I. (2019). IMPLEMENTASI SMARTPHONEANDROID SEBAGAI ALAT KONTROL LAMPU RUMAH MENGGUNAKAN WIFI. PANCA BUDI, Vol:1,No:1, Hal: 56 - 66.

sinauduino. (2016). Mengenal Arduino Software (IDE). Retrieved from www.sinauduino.com: https://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software-ide/

wireshark. (2021). Retrieved from wireshark: https://www.wireshark.org/

Downloads

Published

2022-02-18