PERANCANGAN WiFi MULTIPLE SSID DENGAN VIRTUAL ACCESS POINT (VAP) MENGGUNAKAN MIKROTIK

Authors

  • Devi Kurniati Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Catur Iswahyudi Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Multiple SSID, Virtual Access Point, Mikrotik

Abstract

Gedung baru Kampus III IST AKPRIND terdiri dari 5 lantai dengan 30 ruangan yang digunakan untuk kegiatan administrasi dan perkuliahan memerlukan akses jaringan dan internet untuk layanan administrasi dan akademik. Masalah yang dihadapi ketika membangun jaringan nirkabel adalah diperlukan banyak Access Point (AP) untuk menjangkau seluruh ruangan di gedung tersebut. Untuk menghemat jumlah AP, maka digunakan Virtual Access Point (VAP). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan VAP dalam perancangan jaringan nirkabel di gedung baru Kampus III IST AKPRIND, yang disertai pula dengan manajemen bandwidth. VAP merupakan sebuah fitur pada Router Mikrotik, yang digunakan untuk membuat lebih dari 1 SSID dengan menggunakan 1 antarmuka nirkabel fisik. Dengan begitu kita bisa memiliki beberapa SSID yang berbeda dan memiliki layanan yang berbeda pula. Hasil pengujian jaringan Multiple SSID untuk setiap user Mahasiswa yang melakukan login hotspot akan mendapatkan bandwidth sebesar 512KBps untuk AP Fisik. Sedangkan bandwidth yang diberikan untuk VAP sebesar 4MB dibagi rata sebanyak user yang terhubung ke jaringan. Hasil perbandingan kinerja AP fisik dan virtual menunjukkan bahwa kinerja jaringan fisik lebih bagus dibandingkan dengan kinerja VAP.

References

Pamungkas, C. A. (2016). MANAJEMEN BANDWITH MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTERBOARD DI POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, Vol. 1 Nomor 3 Tahun 2016.
Amri, D. M., Bakri, M. A., & Sucipto, P. W. (2017). ANALISIS KINERJA ACCESS POINT DENGAN PENGATURAN KANAL PADA JARINGAN SSID UNISMA . Journal of Electrical and Electronics (JREC), Vol. 5 No. 1.
Amri, S., Rachmawati, Y., & Triyono, J. (2017). Analisis Kinerja Wireless Access Point (WAP) Dan Virtual Access Point (VAP) Pada Mikrotik RB951-2Nd. Jurnal Jarkom, Vol. 5 No. 2 Juni 2017.
Hanafi, M. H., Raharjo, S., & Suraya. (2015). IMPLEMENTASI KONSEP MULTINASDENGAN MENGINTEGRASIKAN VPNSERVER DAN FREERADIUS SERVER DALAM MEMBANGUNSISTEMOTENTIKASI JARINGAN WIFI. Jurnal JARKOM, Vol. 2No. 2Juni2015 .
Kumar, A., & Patra, P. (2016). Analisis keamanan dan implementasi metode sederhana untuk pencegahan dan deteksi terhadap serangan Evil Twin di LAN nirkabel IEEE 802.11. Konferensi Internasional 2016 tentang Teknik Komputasi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICCTICT), Nomor Akses INSPEC: 16156308.
Taufik R. (2018), Analisis Multi SSID VAP Didistribusi Jaringan Wireless Menggunakan Mikrotik Di Universitas Pasudan “Studi Kasus Prodi Informatika Unpas”. Bandung: Unpas.
Web, C. (2020, 04 30). Multiple SSID dengan VAP di Mikrotik. p. Tips & Trik.
Widagdo, J. I. (2016). Analisis Unjuk Kerja VLAN Dengan Teknologi Virtual Access Point Pada Mikrotik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma .

Downloads

Published

2020-06-05

Issue

Section

Articles