MEMBANGUN WEBSITE PROFIL SMA NEGERI 2 TEBO JAMBI MENGGUNAKAN PHP & MySQL

Authors

  • Kharis Sutarno
  • Edhy Sutanta

Keywords:

MySQL, PHP, Website

Abstract

Pembangunan dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan semakin majunya dunia teknologi dan informasi. Salah satu teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan saat ini adalah website. Keberadaan website terbukti  mampu memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi secara cepat, efektif dan efisien yang dapat diakses di mana, kapan dan oleh siapa saja.

Berdasarkan hasil analisis sistem lama diketahui bahwa selama ini penyebaran informasi di SMA Negeri 2 Tebo masih menggunakan cara manual, yaitu melalui brosur, spanduk, radio, atau bahkan hanya dari mulut ke mulut. Hal ini membutuhkan dana yang relatif lebih besar dan terlambatnya masyarakat untuk mendapatkan informasi.

Penelitian Tugas akhir ini mengembangkan website profil SMA Negeri 2 Tebo Jambi dengan menggunakan PHP & MySQL, dengan tujuan untuk mempermudah penyebaran informasi dan publikasi kepada warga sekolah dan masyarakat. Pengembangan website juga akan menekan biaya publikasi. Selain itu, keberadaan website juga sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menganjurkan sekolah agar mengembangkan sebagai media informasi.

References

Hidayat, S., 2010, Membangun Website Profil Pondok Pesantren Al-Mubarokh dengan Menggunakan PHP & MySQL, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Kadir, A., 2002, Dasar Pemrograman Dinamis Menggunakan PHP, Andi Offset, Yogyakarta.
Kurniasih, 2010, Sistem Informasi SMU Negeri 1 Indramayu Berbasis Web, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Kurniawan, Y., 2004. Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySQL, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Nugroho, B., 2004, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MYSQL, Gava Medika, Yogyakarta.
Puka, H.F., 2010, Aplikasi Pengelolaan Transaksi Penjualan dan Pemesanan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Toko Aksesoris Motor Andoyo Yogyakarta), Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Purbo, O.W. dan Wahyudi, A.A., 2001, Mengenal Ecommerce, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Rudianto, A.M., 2011, Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL, Andi Offset, Yogyakarta.
Sutanta, E., 2004, Sistem Basis Data, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sutarman, 2003, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MYSQL, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Wahyudin, 2008, Sistem Informasi Negeri 1 Cilegon Berbasis Web Dinamis, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Anonim, 05 Agustus 2014, Contoh Profil Cara Membuat dan Jenisnya, http://www.kemhan.com/2012/04/contoh-profil-cara-membuat-dan-jenisnya.html.
Na, N., 05 Agustus 2014, Apa Itu Website?, http://forum.kompas.com/jaringa
telekomunikasi-dan-internet/70377-apa-itu-website.html.

Downloads

Published

2015-01-07