MEMBANGUN MEDIA SERVER DENGAN MENGGUNAKAN RASPBERRY Pi UNTUK PENGOLAHAN DATA AUDIO VIDEO

Authors

  • Bondan Prawiro Yudo
  • Uning Lestari
  • Amir Hamzah

Keywords:

Media server, Raspberry Pi, XBMC, PHP

Abstract

Perkembangan teknologi komputer pada saat sekarang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.Teknologi komputer memiliki peranan penting dalam pengolahan data audio dan video.Audio dan video merupakan bagian yang berkaitan dengan multimedia dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Media server sebagai penyedia layanan yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data audio dan video.Pengolahan data audio dan video dengan memanfaatkan media server dapat dioptimalkan dan digunakan lebih efisien.

            Media server memerlukan berbagai inovasi dalam fungsionalitasnya sebagai pengolah data.Informasi yang disajikan dengan menggunakan media server lebih atraktif, sehingga pengguna secara individu maupun menyeluruh memiliki daya tarik lebih terhadap penyajian data audio dan video.Media server yang dibangun untuk pengolahan data audio dan video dapat digunakan oleh individu maupun kelompok yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Membangun media server menggunakan Raspberry Pi memiliki konsep open source dengan menggunakan sistem operasi linux.Media server ini menggunakan aplikasi XBMC (X-Box Media Centre) sebagai media player yang merupakan standar bagi media server. Media server yang dibangun memungkinkan adanya penggunaan peripheral sebagai input dan output untuk mendukung beroperasinya media server.

References

Hagstrom, J., 2004, “ AutoIndex “, http://autoindex.sourceforge.net diakses pada tanggal 8 Oktober 2014.
Hakim, M.A. Ibnul dan Putra, Yeffry Handoko.“PemanfaatanMini PC Raspberry Pi Sebagai Pengontrol Jarak Jauh Berbasis Web Pada Rumah” (http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/632/jbptunikompp-gdl-malikabdil-31580-12-unikom_m-l.pdf) diakses pada tanggal 25 Juli 2014.
Monk, Simon, “ Raspberry Pi As A media Centre “ http://learn.adafruit.com/downloads/pdf/raspberry-pi-as-a-media-center.pdf . diakses pada tanggal 25 Juli 2014.
Monk, Simon., Adafruit’s Raspberry Pi Lesson 4.GPIO, Adafruit Learning System, (Online), (http://learn.adafruit.com/downloads/pdf/adafruits-raspberry-pi-lesson-4-gpio-setup.pdf)diakses pada tanggal25Juli 2014.
Morissan, M.A., 2010, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Prenada Media Group, Jakarta.
Sutanto, Felix Andreas dan Eniyati, Sri, “Membangun Streaming Media Server Berbasis Windows Server 2003” http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/4/4 .diakses pada tanggal 25 Juli 2014.

Downloads

Published

2015-01-07