SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENUNJUKAN PIHAK KE TIGA PELAKSANA PENGERJAAN PRASARANA UMUM PADA BINAMARGA SUMBERDAYA ENERGI DAN MINERAL KABUPATEN CILACAP

Authors

  • Catur Dwi Prihsmoro1
  • Dina Andayati
  • Uning Lestari

Keywords:

sistem pendukung keputusan, penunjukan, pihak ketiga

Abstract

Sistem pendukung keputusan untuk penunjukan pihak ketiga pelaksana pengerjaan prasarana umum merupakan suatu sistem berbasis komputer  untuk melakukan penilaian kelayakan pihak ketiga yang di tunjuk untuk memenuhi kebutuhan dalam pelakasana pengerjaan prasarana umum. Pada proses penunjukan pihak ketiga dilakukan berdasarkan ketentuan Binamarga. Dalam proses penunjukan pihak ketiga dibutuhkan sistem yang mampu melakukan penilaian secara tepat dan akurat sehingga diperlukan teknologi yang mampu mengatasi permasalahan tersebut .penggunaan sistem pendukung keputusan berbasis komputerisasi dapat meningkatkan ketepatan,akurat,efisiensi serta memberikan nilai dan daya guna yang tinggi.

Kelebihan sistem antara lain dapat menampilkan laporan kelayakan pihak ketiga berdasarkan kriteria yang dibutuhkan. Sistem pendukung keputusan dibuat dengan bahasa pemrograman Delpih 7.0 dengan MySQl. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan diharapkan pihak Binamarga akan memperoleh kemudahan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan kegiatan pengerjaan prasarana umum.

References

Da Costa, J.P, 2012, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemenuhan Posisi Jabatan Pada PT Lisna Yogyakarta”, IST – AKPRIND Yogyakarta.
Kusrini, 2007, “Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Andi Offset Yogyakarta.
Mazhoery, K.G, 2011, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penunjukan Supplier Pada Instalasi Farmasi RSUD Kabupaten Sleman”, IST – AKPRIND Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-01-07