MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN DELAY POOLS DI SQUID PROXY

Authors

  • Catur Andi Kurnianto
  • Suraya -
  • Erna Kumalasari Nurnawati

Keywords:

jaringan komputer, bandwidth, squid, delay pools, DNS Nawala

Abstract

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan bekerja secara otomatis. Hal yang dapat mempengaruhi kestabilan koneksi internet yaitu besarnya bandwidth yang digunakan jaringan tersebut dan seberapa efektif bandwidth tersebut bisa dimanfaatkan. Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam satu waktu tertentu.

Delay pools memungkinkan administrator untuk membatasi pemakaian bandwidth yang dapat digunakan oleh user dan juga membatasi bandwidth yang dapat digunakan oleh suatu tipe file tertentu. Salah satu jenis metode dalam memanajemen bandwidth menggunakan squid. Squid merupakan salah satu aplikasi cache yang berlisensi GPL (GNU Public License) dan merupakan implementasi proxy server yang dapat menyimpan objek pada cache. Delay Pools merupakan fitur bawaan dari squid yang digunakan untuk melakukan manajemen bandwidth. Pada pengujian sistem ini, diantaranya mencakup pengujian download, upload, filtering konten-konten dewasa dan pemblokiran media sosial pada waktu jam kerja. Pada pengujian download dan upload tersebut dapat diketahui sistem mampu membagi bandwidth tersebut dengan adil ke semua user. Untuk pengujian filtering konten sistem menggunakan dua cara yaitu filtering dengan delay pools dan dengan DNS Nawala. Kemudian sistem ini juga memblokir akses media sosial pada waktu jam kerja agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

References

Arianto, E. (2014). Implementasi Load Balancing Dua Line ISP Menggunakan Mikrotik Router Os [Studi Kasus Sistem Jaringan LAN Di PT. Wahana Semesta Bangka (Babel Pos)]. Yogyakarta: IST AKPRIND.
Hizbullah. (2012). Optimalisasi Bandwidth Dan Keamanan Jaringan Dengan Filterisasi Pada Warung Internet Menggunakan Mikrotik Routerboard. lampung: Universitas Lampung.
Mujahidin, T. (2011). OS Mikrotik Sebagai Manajemen Bandwidth Dengan Menerapkan Metode Per Connection Queue. Yogyakarta: AMIKOM.
Rojik. (2009). Membangun Sistem Pengelolaan Bandwidth Dengan Menggunakan Mikrotik Di SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles