DESAIN DAN IMPLEMENTASI OTENTIKASI JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN OS MIKROTIK DAN USER MANAGER (STUDY KASUS: GINANJAR-NET BILLING HOTSPOT)

Authors

  • Deddy Arri Triambodo
  • Muhammad Sholeh
  • Erna Kumalasari Nurnawati

Keywords:

voucher, user manager, mikrotik, autentifikasi, warnet

Abstract

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainya, dan menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi. Pada sebuah teknologi jaringan diperlukan suatu perangkat yang dapat melakukan manajemen antar jaringan yang ada. Perangkat tersebut disebut dengan router. PC router yang akan dibangun di Ginanjar Net dengan sistem operasi Mikrotik yang dimaksudkan untuk mengelola bandwidth dan mengkonfigurasi warnet dan hotspot yang ada di Ginanjar Net sesuai dengan kebutuhan internet di masing – masing bagian warnet dan pengguna hotspot. Konfigurasi mikrotik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan WinBox dan User Manager. Dengan melakukan suatu autentikasi menggunakan package User Manager pada mikrotik sistem pengelola hotspot menjadi lebih mudah di kontrol sebagai autentikasi untuk login ke jaringan internet. Proses login yang diterima berupa autentikasi dari akun database yang dibuat dari User Manager. Beberapa kebutuhan yang diberikan User Manager untuk memberikan akun database untuk autentikasi pada profile voucher yang akan digunakan. Untuk User Manager hal ini memudahkan administrator dalam memantau akses internet yang dilakukan oleh masing-masing user karena telah dilakukan pengelolaan yang tepat pada autentikasi jaringan. Penelitian yang diperoleh yaitu menghasilkan sebuah proses keamanan jaringan melalui proses autentikasi pada jaringan hotspot, dengan memberikan username dan password untuk login sehingga memperoleh koneksi jaringan internet pada hotspot sesuai dengan paket internet yang dipilih. Proses autentikasi jaringan memaksimalkan mikrotik dan package user manager sehingga tidak memerlukan perangkat lain yang berlebih untuk mengolah sistem jaringan yang ada

References

Firdaus, G. 2013. Integrasi Hotspot dengan User Manager. Di akses 24 Oktober 2013, dari www.mikrotik.co.id: http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=46.
Hadi, S. 2012. Desain dan Implementasi Otentikasi Jaringan Hotspot Menggunakan Coovachilli dan Freeradisu pada Linux Ubuntu 10.04 LTS. Skripsi, FTI, Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
Rofiq, M. 2009. Pemanfaatan Captive Portal Sebagai Otentikasi Client untuk Keamanan Jaringan Hotspot, Skripsi, FTI, Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
Saputra, M. R. 2009. Manajemen Bandwidth Menggunakan Mikrotik Untuk Jaringan Wireless dengan Model Voucher Di Grissee Cafe. Skripsi, FTI, Teknik Informatika, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Yogyakarta.
Yulia, Y. 2010. Metode Autentikasi Jaringan Wireless Menggunakan Modus Infrastruktur (Hotspot). Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Downloads

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles